Pencemaran Sungai Akibat Aktivitas Masyarakat Dan Kendaraan Bermotor

Authors

  • Winfrontstein Naibaho Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tambos Sianturi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v2i3.481

Abstract

Pengetahuan masyarakat akan diperkenalkan pencemaran sungai akibat aktivitas masyarakat dan kendaraan bermotor  pada Kelurahan Toba, tepatnya di Kecamatan Siantar Selatan, yang mana merupakan salah satu kecamatan di Kota Pematangsiantar. Sehingga Kelurahan Toba Kota Pematangsiantar sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi Kecamatan Go-Green dan Environmental Energy Friendly. Metode yang digunakan pada program ini adalah pengenalan materi melalui ceramah dan diskusi. Materi yang disampaikan adalah aktivitas masyarakat dan kendaraan bermotor penyebab pencemaran sungai. Metode evaluasi untuk mengetahui persentase tingkat pemahaman masyarakat dilakukan melalui kuesioner yang dilakukan sebelum dan sesudah penyuluhan dengan menggunakan skala likert. Secara keseluruhan, pelaksanaan berjalan lancar, seluruh masyarakat sangat antusias dalam mengikuti penyuluhan tersebut. Berdasarkan evaluasi tingkat pemahaman masyarakat, program ini dinilai berhasil, terbukti dengan adanya peningkatan pemahaman masyarakat terhadap semua jenis pencemaran yang disampaikan. Peningkatan pemahaman masyarakat yang tertinggi adalah pada pencemaran kendaraan bermotor yaitu 43.20%, diikuti oleh pencemaran akibat aktivitas masyarakat sebesar 40%.

References

Rohmansyah, Nur Azis et al. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI IbM PELATIHAN OLAHAN LIMBAH TAHU DI DESA DRONO NGAWEN KLATEN.” (2018).

Malory, T. (2017). Le morte darthur (P. J. C. Field, Ed.). D. S. Brewer. (Original work published 1469-70) → Buku dengan Editor

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Aripin, Jaenal. Himpunan Undang-Undang Kekuasaan Kehakiman. Jakarta: Kencana, 2010.

Darmono. Lingkungan Hidup dan Pencemaran: Hubungannya dengan Toksikologi Senyawa Logam. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press), 2001.

Dzajuli, A. Kaidah-Kaidah Fikih: Kaidah-Kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah yang Praktis. Jakarta: Prenadamedia Group, 2006.

Published

2021-10-19

How to Cite

Naibaho, W., & Sianturi, T. (2021). Pencemaran Sungai Akibat Aktivitas Masyarakat Dan Kendaraan Bermotor. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 40–45. https://doi.org/10.53695/jas.v2i3.481

Issue

Section

Articles