Pemberdayaan Ibu-Ibu Kelompok Tani dalam Pengolahan Fruitgurt Semangka

Authors

  • Masyhura MD Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Nel Arianty Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v2i1.86

Keywords:

diversifikasi, fruitgurt, pemasaran semangka

Abstract

Buah semangka salah satu tanaman yang mengandung antioksidan yang tinggi dan juga  mengandung zat karotenoid seperti likopen yang memiliki manfaat untuk tubuh dan juga untuk kesehatan kulit agar terlihat awet muda. Permasalahan yang ada di Desa Jati Baru Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli serdang adalah belum adanya pengolahan  semangka, selama ini buah semangka hanya di dijual dalam bentuk segar dengan harga yang murah dan buah yang ukuran kecil tidak ada harganya dibiarkan begitu saja dipertanaman sebagai kompos alami.Berdasarkan alasan ter sebut kami tim Program Kemitraan Masya rakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berinisiatif untuk memberdayakan masya rakat khususnya ibu-ibu petani yang tergabung dalam kelompok sahabat tani dengan cara memberikan penyuluhan tentang diversifikasi pangan, pelatihan pembuatan fruitgurt dan tehnik pemasaran. Adapun tujuan pengabdian masyrakat ini adalah ibu-ibu petani mendapatkan ilmu pengetahuan tentang diversifikasi pangan, mampu membuat fruitgurt semangka dan dapat memasarkan produk tersebut sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

References

Daniel, A. 2016. Intensif Tanaman Semangka Tanpa Biji. Pustaka Yogyakarta.

MD Masyhura, M.Igbal Nusa dan Aldi Adriansyah. 2018. Study Pembuatan Friutgurt dari Albedo Semangka (Citrullus Lanatus). Skripsi. Medan.

Muslimah, R. 2010. Uji Organoleptik Fruitghurt Hasil Fermentasi Limbah Buah Anggur (Vitis vinifera) Oleh Lactobacillus bulgaricus. Skripsi FKIP UMS. Surakarta

Puspita, C.P. 2012. Kualitas Fruitghurt hasil fermentasi limbah nanas (Ananas comosus) dengan penambahan laktobacillus Bulgariqus pada konsentrasi yang berbeda. Jurnal pendidikan FKIP UMS. Surakarta.

Tadmor,2015. Comparative Fruit Coloura tion in Watermelon and Tomato. J. Food Int. 38. hal. 837-841.

Published

2021-02-20

How to Cite

MD, M., & Arianty, N. (2021). Pemberdayaan Ibu-Ibu Kelompok Tani dalam Pengolahan Fruitgurt Semangka. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 148–153. https://doi.org/10.53695/jas.v2i1.86

Issue

Section

Articles