Meningkatkan Disiplin Guru Melalui Penerapan Kepemimpinan Demokratis Dalam Rangka Manajemen Berbasis Sekolah

Authors

  • Dedi Amrizal Prodi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Yusriati Yusriati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Yannur Masyita Sofyan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.200

Abstract

Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di sekolah menengah atas (SMA) sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan yang dijalankan. Kepemimpinan demokratis seorang kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya harus dibuktikan tingkat kefektivannya dalam membentuk tingkat disiplin bawahannya khususnya bara guru. Kepemimpinan dapat dikatakan efektif  apabila diterapkan dengan tidak hanya berorientasi pada tugas, tetapi juga pada cara mempengaruhi tingkat disiplin bawahannya. Seorang kepala sekolah harus berupaya agar dapat memberikan perasaan yang nyaman dalam menjalankan tugas yang diberikan, perasaan senang hati tanpa ada rasa terpaksa dan lain lain hingga terbentuk kebiasaan baik yang muncul dari dalam diri sendiri dan rutin dilakukan setiap hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan demokratis terhadap tingkat disiplin guru di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengolahan data kuantitatif, dimana uji analisis data yang digunakan adalah korelasi produk moment dan uji signifikan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri 1 Padang Tualang sebanyak 40 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka terlihat bahwa hipotesis yang diajukan diterima, Ho ditolak dan Ha diterima: semakin baik kepemimpinan demokratis kepala sekolah diterapkan, maka semakin tinggi tingkat disiplin guru. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan MBS dalam membangun tingkat disiplin guru harus dilakukan dengan komitmen kepala sekolah melalui gaya kepemiminan yang demokratis.

References

Amrizal, Dedi, Yusriati dan Ardika Perlaya. (2020). Membangun Minat Belajar Melalui Program Bantuan Siswa Miskin di SMP Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan. Seminar of Social Sciences Engineering & Humaniora. Medan : Scenario 2020 (pp. 436-440). http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/scenario/article/view/1218/1090

Dharma, Agus. (2003). Manajemen Supervisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Hasibuan, Malayu SP. (2001). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

.......................................(2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Kartono, Kartini. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Nitesimeto, Alex S. (1992). Manajemen Personalia. Jakarta : Graha.

Sabri, H.M. Alisuf. (1999). Ilmu Pendidikan. Jakarta : C.V. Pedoman Ilmu Jaya.

Sastrohadiwiryo, S. (2002). Manajemen Tenaga Kerja. Bandung : Sinar Baru.

Siagian, Sondang P. (2010). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : Bumi Aksara.

Silalahi, Ulber. (2011). Asas-Asas Manajemen. Bandung : PT. Refika Aditama.

Soekarso. (2010). Teori Kepemimpinan. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Amrizal, D., Yusriati, Y., & Sofyan, Y. M. (2021). Meningkatkan Disiplin Guru Melalui Penerapan Kepemimpinan Demokratis Dalam Rangka Manajemen Berbasis Sekolah. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.200