Penggunaan Facebook Sebagai Media Bisnis Online (Studi Kasus Pada Dapur Luthfiah)
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.202Abstract
Kemunculan facebook turut menghadirkan peluang-peluang usaha dalam dunia pemasaran (bisnis) online. Promosi dan iklan tanpa berbayar menjadikan facebook sebagai alternatif untuk memulai bisnis salah satunya digunakan oleh UMKM Dapur Luthfiah. Penggunaan facebook yang dilakukan oleh Dapur Luthfiah membuat konsumen terasa mudah untuk memilih dan mencari informasi mengenai makanan yang akan dijual setiap hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dapur Luthfiah terus menggunakan facebook sebagai media promosi dan penjualan. Dengan penggunaan facebook tersebut penjualan serta pendapatan relatif lebih meningkat daripada sebelumnya yang hanya menjual dengan menggunakan metode konvensional atau membuka gerai.References
Arifin, R. W. (2015). Peran Facebook Sebagai Media Promosi dalam Mengembangkan Industri Kreatif. Bina Insani ICT Journal, 2(2), 1–10.
Celuch, K., Goodwin, S., & Taylor, S. A. (2007). Understanding small scale industrial user internet purchase and information management intentions: A test of two attitude models. Industrial Marketing Management, 36(1), 109–120. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2005.08.004
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (Dalam Baha). Pustaka Pelajar.
Gemilang, D. A. (2011). Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online(Studi Deskriptif Kualitatif Peran Facebook sebagai Media Komunikasi Bisnis Online). Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Bumi Angkasa.
Hidayat, F. P. (2018). Literasi Media Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Mahasiswa di Kota Medan. 1–5.
Hidayat, F. P., & Ginting, R. (2020). Media Literacy of Communication Students in Using Facebook. ETTISAL : Journal of Communication, 5(1). https://doi.org/10.21111/ejoc.v5i1.3947
Kominfo. (2013). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Kominfo.Go.Id. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
Lisa Rahmi Ananda, I. F. K. (2017). Studi Kasus: Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Jurnal Empati, 6(1), 257–263.
Machfoedz, M. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Cakra Ilmu.
Purnama, A. D. U. dan B. E. (2012). PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL (FACEBOOK) SEBAGAI MEDIA BISNIS ONLINE (STUDI KASUS DI BATIK SOLO 85). Seruni FTI UNSA, 1, 1–7.