Brand Awareness Dan Sales Promotion Terhadap Purchase Decision Produk Fashion H&M Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Authors

  • Nel Arianty Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Vivi Liyuwandari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.307

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand awareness terhadap purchase decision, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sales promotion terhadap purchase decision dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand awareness dan sales promotion terhadap purchase decision produk fashion H&M pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang berjumlah 14.900 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 99 orang dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linear Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (versi 24.00). Secara parsial diketahui bahwa brand awareness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision produk fashion H&M pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Secara parsial diketahui bahwa sales promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision produk fashion H&M pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Secara simultan diketahui brand awareness dan sales promotion memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase decision produk fashion H&M pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

References

Aberdeen, N. I., Syamsun, M., & Najib, M. (2016). The Effect of Brand Awareness and Image on Consumer Perceived Quality and Purchase Intension – A Study Case of Carbonated Drink Brand at Bogor City. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(8), 441–446.

Bahrunsyah, M. A., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Topi Kulit Eervoleather. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 1(1), 37–46.

Bhatti, A. (2018). Sales Promotion and Price Discount Effect on Consumer Purchase decision with the Moderating Role of Social Media in Pakistan. International journal of Business Management, 3(4), 50–58.

Carissa, T., & Aruman, A. E. (2019). Pengaruh Sales Promotion Dan Influencer Marketing Terhadap Minat Membeli Dalam Mobile Legends. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 1–11.

Chi, H. K., Yeh, H. R., & Yang, Y. T. (2009). The Impact of Brand Awareness on Consumer Purchase decision: The Mediating Effect of Perceived Quality and Brand Loyalty. The Journal of International Management Studies, 4(1), 135–144.

Chih-Yi, & Wu. (2016). The Effects of Store Atmosphere and Sales Promotion on Purchase decision ─Perceived Customer Mood as a Mediator. Business Research Review, 2(1), 33–50.

Faryabi, M., Fesaghandis, K. S., & Saed, M. (2015). Brand Name, Sales Promotion and Consumers’ Online Purchase decision for Cell-phone Brands. International Journal of Marketing Studies, 7(1), 167–179.

Handayani, D. (2010). The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. (Edisi Satu.). Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Hashemi, N., & Hajiheydari, N. (2012). How Brand Awareness Affects Online Purchase decision: Considering The Role Of Perceived Risk. International Journal Electronic Customer Relationship Management, 6(3), 274–291.

Jalilvand, M. R., Samiei, N., & Mahdavinia, S. H. (2011). The Effect of Brand Equity Components on Purchase decision: An Application of Aaker’s Model in the Automobile Industry. International Business and Management, 2(2), 149–158.

Kotler, P. &, & Armstrong, G. (2012). Prinsi-prinsip Pemasaran. (Edisi 13 J.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. (Edisis Sat.). Jakarta: Erlangga.

Nursadiah, S., & Maharani, N. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Minat Beli Konsumen Indomaret Jl. Tamansari No.16 Kota Bandung. Prosiding Manajemen, 4(2), 1325–1330.

Orlando, D. (2015). Analisa Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Purchase decision Sepeda Motor Kawasaki Ninja 250Fi. Jurnal Manajemen Pemasaran2, 3(1), 1325–1330.

Padhy, S. K., & Sawlikar. (2018). The Role of Brand Equity And Brand Awareness on Consumers’ Purchase decision. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI)., 7(1), 12–16.

Rizwan, M., Irshad, Q., Ali, K., Nadir, M., & Ejaz, M. (2018). Impact Of Sales Promotional Tools On Purchase decision. International Journal Of Management Sciences And Business Research, 2(1), 36–49.

Rosaliana, F., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Sales Promotion Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang (Survei Pada Konsumen Jasa Grabcar Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 60(1), 139–148.

Shrivastava, N., & Singh, R. P. (2017). Impact Of Promotion Mix Strategies On Consumer Purchase decision Towards Life Insurance. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 4(35), 6410–6420.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Edisi Satu.). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Strategik (Edisis Sat.). Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Arianty, N., & Liyuwandari, V. (2021). Brand Awareness Dan Sales Promotion Terhadap Purchase Decision Produk Fashion H&M Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 166–177. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.307