Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Handphone

Authors

  • Dedek Kurniawan Gultom Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Lidya Pratiwi Hasibuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.318

Abstract

Brand loyalty (loyalitas merek) merupakan kesetiaan konsumen terhadap suatu jasa atau produk dan akan melakukan pembelian berulang-ulang untuk memuaskan keinginannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengetahui Pengaruh Brand Experience terhadap brand loyalty, Mengetahui pengaruh brand experienceterhadap brand satisfaction, Mengetahui pengaruh brand satisfaction terhadap brand loyalty, serta Mengetahui pengaruh brand experienceterhadap brand loyaltydengan brand satisfaction sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan penelitian eksplanatori dan pendekatan asosiatif dengan sample 120 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Stambuk 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang diuji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji-t, uji F,dan koefisien determinasi. Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty yang menghasilkan nilai berpengaruh secara positif dan signifikan, dengan nilai koefisien jalur = 0.533. Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Satisfaction yang menghasilkan nilai berpengaruh secara positif dan signifikan, dengan nilai koefiensi = 0.813. Pengaruh Brand Satisfaction terhadap Brand Loyalty menghasilkan nilai yang positif dan signifikan, dengan nilai koefisien jalur = 0.399. Serta Pengaruh Brand Experience terhadap Brand Loyalty yang dimediasi Brand Satisfaction memperlihatkan bahwa pengaruh tidak langsung Brand Experience terhadap Brand Loyalty yang dimediasi Brand Satisfaction adalah signifikan. Dengan nilai pengaruh tidak langsung X – Z – Y adalah sebesar 0.324. Nilai R square 0.785 Artinya kemampuan variabel X (Brand Experience) dan variabel Z (Brand Satification) dalam menjelaskan variabel Y (Brand Loyalty) adalah sebesar 78.5% dengan demikian model tergolong substansial (kuat).

References

Aditya, I., & Tjokrosaputro, M. (2020). Pengaruh Brand Satisfaction, Brand Trust, dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Kompas Digital. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 60–64.

Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(02), 68–81.

Azhari, M. I., Fanani, D., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 143–148.

Brakus, J. J., Schmitt, B. H., & Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal of Marketing, 73(3), 52–68. https://doi.org/10.1509/jmkg.73.3.52

Djiwandono, P. I. (2015). Meneliti Itu Tidak Sulit. Deepublish Publisher.

Ekaputri, A. H., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2016). Pengaruh Brand Experience Terdahap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Repurchase Intention (Survei Pada Pelanggan Klinik Skin Care di Kota Bandung). Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 7(1), 1–5.

Elvera. (2020). Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan. PT Scopindo Media Pustaka.

Firmansyah, M. A. (2018). Prilaku Konsumen. Deepublish Publisher.

Firmansyah, M. A. (2019). Prilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.

Ginting, M. (2019). Perilaku Konsumen. Andi Offset. https://doi.org/10.31227/osf.io/pfjhz

Hanifah, S., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2018). Gambaran Brand Experience Dan Brand Love Iphone Pada Komunitas Fanspage Facebook Iphone Indonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/jbme.v3i1.14242

Juliandi, A. (2018). Modul Pelatihan Structural Equation Model Partial Least Square (sem-pls) Dengan Smart Pls (DOI: 105281/zenodo.1243777).

Juliandi, A., Irfan, I., & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. UMSU Press.

Junaedi. (2019). Loyalitas Pelanggan Pemasang Iklan Televisi Dalam Acara Tembang Pantura. Deepublish Publisher.

Kusuma, Y. S. (2014). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Dan Brand Trust Harley Davidson Di SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.

Majid, N., Sunaryo, S., & Husein, S. A. (2018). Brand Satisfaction Memediasi Pengaruh Self Congruity Terhadap Brand Loyalty. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(2), 228–242. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mutholib, M. (2016). Pengaruh Marketing Relathionship Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Pada AJB Medan Cabang Medan Baru. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(01), 3345–3356.

Nasib, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Kolam Renang Bengawan Solo Pangkalan Brandan). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 30–44. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1096

Nasution, M. I., Fahmi, M., Jufrizen, J., Muslih, M., & Prayogi, M. A. (2020). The Quality of Small and Medium Enterprises Performance Using the Structural Equation Model-Part Least Square (SEM-PLS). Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/5/052052

Nyohardi, P. (2016). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction dan Brand Attitude. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 52(11), 159–184.

Pertiwi, A. R., Djawahir, A. H., & Andarwati, A. (2017a). Pemgaruh Brand Experience Terhadap Brand Satisfaction, Brand Trust Dan Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen Make-Up Brand Impor di Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 20–35. https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i2.1355

Pertiwi, A. R., Djawahir, A. H., & Andarwati, A. (2017b). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Satisfaction, Brand Trust Dan Brand Loyalty (Studi Pada Konsumen Make Up Brand Impor di surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(2), 20–35.

Pranadata, I. G. P., Rahayu, M., & Hussein, A. S. (2017). Analisi Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Percived Value, Brand Satisfaction, Dan Brand Loyalty ( Studi Kasus Pada Industri One Stop Carcare Service di Kota Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 217–228.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia.

Prihastomo, W. (2020). Angka Penjalan Apple Akhirnya Jadi yang Teratas di Q4 2019. MakeMac. https://makemac.grid.id/read/212006521/angka-penjualan-apple-akhirnya-jadi-yang-teratas-di-q4-2019?page=all

Purbohastuti, A. W. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Mahasiswa D3 Marketing. Tirtayasa Ekonomika, 12(1), 53–75. https://doi.org/10.35448/jte.v12i1.4437

Radiman, R., Gunawan, A., Wahyuni, S. F., & Jufrizen, J. (2018). The Effect of Marketing Mix, Service Quality, Islamic Values and Institutional Image on Students’ Satisfaction and Loyalty. Expert Journal of Marketing, 6(2), 95–105.

Ratnawati, A., & Lestari, A. A. (2018). Peran Brand Trust Dalam Memediasi Brand Experience, Brand Personality Dan Brand Community Terhadap Brand Loyalty. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 185. https://doi.org/10.30659/ekobis.19.2.185-202

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Deepublish Publisher.

Rsimanita, R. A., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Perceived Value dan Satisfaction Terhadap Brand Loyalty (Survei Pada Pelanggan Produk Nu SKin di Distributor Resmi Perumahaan Alumunium Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 63(1), 207–215.

Santoso, A. B. (2018). Tutorial & Solusi Pengolahan Data Regresi. Agung Budi Santoso.

Sarwono, J., & Budiono, H. (2012). Statistik Terapan: Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi. PT. Elex Media Komputindo.

Sidabutar, C. B., & Dharmayanti, D. (2015). Analisa Pengaruh Brand Experience Terhadap Customer Loyalty Melalui Brand Trust, Customer Satisfaction Dan Customer Intimacy Sebagai Variabel Intervening Pada Kiehl’s Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–10.

Simamora., J., & Vivin. (2016). Pengaruh Kepuasaan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek.

Simamora, B. (2005). Analisis Multivariat Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sudaryono, S. (2015). Metodologi Riset Di Bidang TI: (Panduan Praktis, Teori dan Contoh Kasus). Penerbit Andi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sunaryo, N. F., Tjandra, A. K., Perhotelan, M., & Petra, U. K. (2014). Analisis faktor-faktor pembentuk komponen. JUrnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2(1), 1–15.

Suntoro, Wiharto dan Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis pengaruh pengalaman merek, kepercayaan merek, dan kepuasan merek terhadap loyalitas merek. Modus Journals, 32(1), 25–41.

Suryati, L. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepublish Publisher.

Wesfix, T. (2017). Branding Itu “Dipraktekin.” PT. Grasindo.

Wicaksono, Y. (2005). Aplikasi Excel Dalam Menganalisis Data. PT. Elex Media Komputindo.

Widjaja, R. H. (2015). Studi Explanatory Brand Experience, Brand Satisfaction dan Brand Trus Terhadap Brand Loyalty Pada Global Automobile Brand Jenis MPV di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 4(2), 1–16.

Yasin, H., & Sriwahyuni, I. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Air Tirtanadi Cabang Tuasan Medan. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 09(01), 57–65.

Yuswanto, S. (2019). Merek Nafas Waralaba. Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2021-06-10

How to Cite

Gultom, D. K., & Hasibuan, L. P. (2021). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Handphone. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 214–225. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.318