Implementasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru Sekolah Dasar Di Era New Normal

Authors

  • Mavianti Mavianti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hasrian Rudi Setiawan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Ferdinandus Hutagalung SDS Prabhudy PWKI Medan

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.334

Abstract

Dalam menyambut tahun ajaran baru, pihak sekolah harus mempersiapkan segala hal yang berkaitan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi siswa baru. Terlebih lagi penyelenggaraan MPLS juga ditengah kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Kota Medan. Setiap warga sekolah harus saling bersinergi termasuk kesiapan sekolah, kesiapan guru, kesolidan tim, dan dukungan dari orang tua siswa hingga meminimalisir segala hambatan yang nantinya akan ditemui di lapangan. Setiap guru menjalankan tugas dan perannya dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran. Selanjutnya pihak sekolah dan guru harus memberikan pengalaman yang baik bagi siswa baru mengingat mereka pertama sekali memasuki dunia sekolah dasar. Dengan adanya pengalaman baik yang diterima siswa akan berdampak pada motivasi untuk hadir ke sekolah dan minat belajarnya. Dalam hal ini orang tua mendukung dan menyambut baik adanya pertemuan tatap muka walaupun terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Dengan adanya kerjasama yang baik antar warga sekolah akan berdampak baik pada implementasi pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru.

References

Isa Fegueira, Ana, M. Duarte, A. (2013). Elementary School Student’s Conception Of Learning. Congresso Internacional Envolvimento Dos Alunos Na Escola Instituto de Educação Da Universidade de Lisboa.

Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kkni, 157–166. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281

Michael, T. (2016). Kebijakan Hukum Dalam Permendikbud No. 18-2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. 18.

Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Nurfadillah, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal). JPKM : Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.37905/.v1i1.7676

Permendikbud No. 18 tahun 2016 Tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi siswa Baru. (2016).

Downloads

Published

2021-06-26

How to Cite

Mavianti, M., Setiawan, H. R., & Hutagalung, F. (2021). Implementasi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru Sekolah Dasar Di Era New Normal. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 393–397. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.334