Dampak Belajar Daring Pada Anak Selama Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.335Abstract
Pandemi covid 19 yang melanda suluruh dunia sudah berlangsug kurang lebih selama dua tahun, dan kondisi ini memaksa hampir sebagaian besar siswa sekolah belajar dari rumah (media daring). Begitu banyak pro dan kontra yang terjadi di masyarakat mengenai kondisi belajar saat ini. Banyak orangtua yang mengeluhkan kondisi seperti ini tidak efektif bagi kelangsungan pembelajaran anak. Banyak dari anak-anak yang malas belajar, mereka asik bermain, menghabiskan waktu berjam-jam dengan smartphone, ataukah menonton TV, atau hanya sekedar tidur-tiduran di kamar serta berperilaku malas-malasan. Tidak semua sekolah memberlakukan pembelajaran dengan aplikasi zoom, meet dan sebagainya sebagai pengganti sekolah tatap muka, kondisi ini terjadi dikarenakan tidak semua orangtua berasal dari kalangan ekonomi yang mampu, sehingga sasaran pemebelajaran tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh para guru dan orangtua. Belum lagi stress yang dialami oleh para anak karena belajar daring di rumah yang menyebabkan timbulnya berbagai perilaku negatif, antara lain, sedih, marah-marah, depresi ringan dan sebagainya.References
Bella, M. M., & Ratna, L. W. (2019). Perilaku Malas Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 280–303. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4963
Callistasia, W. (2021). Covid-19: “Stres, mudah marah, hingga dugaan bunuh diri”, persoalan mental murid selama sekolah dari rumah. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992502.
Fanreza, Robie . Pasaribu, M. (2016). Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik. The Progressive and Fun Education Seminar, 55–60. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/7600.
Jennifer, I. H. M. (2018). Social implications of children’s smartphone addiction: The role of support networks and social engagement. Journal of Behavioral Addictions, 7(2), 473–481. https://doi.org/10.1556/2006.7.2018.48
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). Relationship between learner characteristics and learning performance in hybrid courses among Japanese students. Proceedings of the International Conference on E-Learning, ICEL, 2007-January(3), 341–349.
Nurzannah, Akrim, M. Y. D. (2015). Studi Islam 1 Akidah dan Akhlak (A. lmran Sinaga, Junaidi, N. R. Amini, & H. E. Samosir (eds.); 1st ed.). UMSU Press. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasiilmiah/article/view/317
Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development, Perkembangan Masa-Hidup Life-Span Development, Perkembangan Masa-Hidup (Cet. 1 / E). Erlangga. http://katalogdisperpusipmaros.perpusnas.go.id/detail-opac?id=5670
Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Sutriyani, W. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa PGSD Era PAndemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 155–165.
Tanjung, E. F. (2019). The Role Of Islamic Religious Education In Overcoming The Negative Influence Of Technology On Students SMK Muhammadiyah. 1, 532–542.