Perkembangan Konsep Diri Anak Usia Dini Di Masa Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.336Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perkembangan konsep diri anak usia dini dimasa pandemic. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literature dari beberapa buku, jurnal dan informasi-informasi yang diperoleh dari media internet maupun media cetak. dari hasil studi literature, perkembangan konsep diri pada anak usia dini pada dasarnya banyak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan bermain dan lingkungan sekitar, namun pada masa pandemic seperti ini anak lebih banyak menghabiskan waktu hanya dirumah saja, bahkan sekolah dan belajar juga dirumah dengan cara daring. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran pada perilaku anak, sebab mereka lebih banyak menghabiskan waktu bersama smartphonenya daripada berinteraksi dengan lingkungan sosial.References
Acocella, J. F. C. & J. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Akrim, M. (2018). Media Learning in Digital Era, 231(Amca), 458–460. https://doi.org/10.2991/amca-18.2018.127
Anita Woolflk. (2009). Educational Psyhychology. Active Learning Edition. Edisi Kesepuluh: Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bashori, K. H. & K. (2017). Psikologi Sosial: Aku, Kami dan Kita. Jakarta: Erlangga.
Diane E. papalia, R. D. F. (2014). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Tiga Belas). Jakarta: Salemba.
Dr.S.Chamundeswari, V.Sridevi, A. K. (2014). Self-Concept, Study Habit and Academic Achievement of Students. Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(10).
Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fun-Tang, S. (2011). The Relationships of Self-concept, Academic Achievement and Future Pathwayof First Year Business Studies Diploma Students. International Journal of Psychological Studies, 3(2).
George S.Morrison. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Kelima). Jakarta: Indeks.
Ismaniar, I., & Utoyo, S. (2020). “Mirror of Effect” dalam Perkembangan Perilaku Anak pada Masa Pandemi Covid 19. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 147–157. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32429
John Ekow Laryea, Abdul -Jaleel Saani, E. D.-B. (2014). Influence Of Students Self-Concept On Their Academic Performancein The Elmina Township. Europan Journal of Research and Reflection in Educational Science, 2(4).
Juli Maini Sitepu, M. N. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Coping Stress Pada Mahasiswa FAI UMSU. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 68–83.
Luis Fernando Hernandes Jacquez. (2017). Sel-concept in the Formation of Educators of Indigenous Areas in Mexico. Journal of Studies in Education, 7(1).
Mishra, S. K. (2016). Sel-Concept- A Person’s Concept of Self-Influence. International Journal of Recent Research Aspects, 8–13.
Nasution, M. (2021). Factors Affecting Smartphone Addiction in Children. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 2(1), 108–115.
Paul Eggen, D. K. (2010). Educational Psychology Windows on Classrooms. USA: Pearson.
Rahman, A. A. (2018). Psikologi Sosial : Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Depok: Rajawali.
Robert A baron, D. B. (2004). Psikologi Sosial (Kesepuluh). Jakarta: Erlangga.
Santrock. (2011). Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.
Setiawan, H. R. (2017). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan di Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(1), 47–67. https://doi.org/10.30596/intiqad.v9i1.1081
Widya Masitah. (2019). PENGEMBANGAN PROGRAM PELIBATAN ORANG TUA PEGUYUBAN TK AMANAH MARINDAL Widya Masitah Hasrian Rudi Setiawan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Email : widyamasitah@umsu.ac.id, 1(1), 98–104.