Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 1 Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan

Authors

  • Melyani Sari Sitepu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Juli Maini Sitepu Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dina Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.337

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang bersemangat dan cepat bosan pada saat proses belajar mengajar karena guru masih menggunakan metode mengajar ceramah, mencatat, dan penugasan sehingga hasil belajar peserta didik masih rendah.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakn Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Ngambakrejo berjumlah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik, Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa : metode talking stick efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SD N 1 Ngambakrejo. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar IPS pada peserta didik dari pra siklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Hasil belajar IPS peserta didik dari  pra siklus ke siklus I meningkat 9,57%, kemudian hasil belajar IPS peserta didik dari siklus I ke Siklus II meningkat 7,14%, dan dari Siklus II ke Siklus III meningkat 17,86%. Dengan demikian hasil belajar IPS peserta didik dari pra Siklus sampai Siklus III meningkat sebesar 34,57%.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tidndakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

BSNP. 2007. Materi dan Sosialisaisi Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) . Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. UU RI Nomor : 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta : Familia (Grup Relasi Inti Media)

Muliani, E. (2020). HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA. education Journal of Elementary School , 4-7.

Permata Sari, Dea. 2013. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Kooperatif Menggunakan Card Short Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Palembang 17.

Sari, I. W. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis. LIABILITIES (JURNALPENDIDIKAN AKUNTANSI) , 1-9

Sari, S. P. (2020). PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Educational Journal for Elementary School , 19-24.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugihartono, dkk. 20017. Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press

Downloads

Published

2021-06-26

How to Cite

Sitepu, M. S., Sitepu, J. M., & Pratiwi, D. (2021). Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 1 Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 410–413. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.337