Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi

Authors

  • Widya Masitah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Fadilatul Fadilatul Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Aini Lubis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.340

Abstract

Saat ini negara kita sedang mengalami pandemic covid-19 yang berdampak kepada beberapa aspek kehidupan masyarakat terutama dalam aspek pendidikan. Pendidikan yang selayaknya dilakukan secara tatap muka akhirnya harus dilakukan secara online mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai ke jenjang Perguruan Tinggi. Kesulitan dalam perekonomian membuat para guru harus berpikir lebih kreatif dalam membelajarkan anak agar tidak mengeluarkan biaya yang besar dalam proses pembelajaran namun tetap menarik. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perkembangan kreativitas anak didik di RA Ar-Ridha Terjun Kecamatan Medan Marelan yang berjumlah 16 orang yang sedang berada di kelas B. Bahan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah kentang. Kegiatan yang dilakukan adalah membatik dari kentang. Sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan penugasan. Alat untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model membatik dari kentang yang dilaksanakan dapat meningkatkan krearivitas anak. Dengan media kentang yang digunakan dalam pembelajaran merupakan pembelajaran yang menyenangkan, anak melihat langsung apa yang diajarinya. Hal ini terlihat dari meningkatnya kreativitas anak berdasarkan nilai dari data prasiklus 23,43%, siklus I meningkat menjadi 32,81%, siklus II meningkat menjadi 70,31%, dan siklus III meningkat menjadi 93,74%. Berdasarkan data tersebut maka dapat dilihat peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan membatik dari kentang

References

Aisyah, S., Dkk, 2010. Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Universitas Terbuka, H. 3.4

Aqib, Zainal, 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya

Enion, 2013. Permainan Cerdas Untuk Anak Usia 2-6 Tahun, Jakarta: Erlangga, H.104

Basuki. H., 2010. “Teori-Teori Mengenai Kreativitas”. “Dilihat Dari Http://V-Class.Gunadarma.Ac.Id/ Mod/Resource/View.Php?Id=15524.

Masitah, W., Setiawan, H. R., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., Utara, S., & Situasi, I. A. (2017). Ibm Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru Raudhatul Athfal Di Kecamatan. Jurnal Prodiknas Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 84–93.

Masitah, W., Setiawan, H. R, Islam, F.A., Muhammadiyah, U., Utara, S., Masyarakat, P. K., Amanah, T. K., Amanah, T. K., Kunci, K., Tua, P. O., & Tk, P. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orang Tua Peguyuban Tk Amanah Marindal Widya Masitah Hasrian Rudi Setiawan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Email : Widyamasitah@Umsu.Ac.Id. 1(1), 98–104.

Mulyani, N. 2017. Perkembangan Seni Anak Usia Dini, Bandung : Remaja Rosdakarya, H. 97

Nasution, M., Sundari, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Pelepah Pisang Di Tk Syawal Kecamatan Medan Helvetia. Skripsi Fakultas Agama Islam.

Sitepu,J.M.,& Hutasuhut (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Media Permainan Bounch Magic Ball Pada Kelompok A Di Ra Al-Fathin Kecamatan Medan Belawan. Intiqad : Jurnal Agama Dan Pendidikan.

Sitepu, J. M., & Nasution, M. (2018). Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru Ra Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 8–16.

Downloads

Published

2021-06-26

How to Cite

Masitah, W., Fadilatul, F., & Lubis, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 428–433. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.340