Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi

Authors

  • Rizka Harfiani Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mavianti Mavianti Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hasrian Rudi Setiawan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.348

Abstract

Munculnya banyak permasalahan dikalangan masyarakat sekolah, baik itu pihak guru, kepala sekolah, yayasan, orangtua, siswa, hingga masyarakat sekitar sekolah terkait proses pembelajaran yang harus dijalani selama masa pandemi, menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Studi ini bertujuan untuk menganalisis model manajemen pembelajaran pada masa pandemi covid 19, di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles and Huberman dan teknik uji keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam upaya menjamin keberlangsungan proses KBM pada masa pandemi, pihak sekolah harus membangun suatu model manajemen pembelajaran baru yang efektif dan efisien, sehingga mampu mencapai tujuan dan target pembelajaran. Temuan penelitian model manajemen pembelajaran pada masa pandemi, meliputi lima fungsi: Planning, mulai sosialisasi, pelatihan, adaptasi teknologi, penyusunan kebijakan sekolah terkait proses pembelajaran, hingga penyusunan RPP  daring; Organizing, yaitu pengaturan penyelenggaraan pembelajaran, dengan menyusun jadwal daring dan home visit; Actuating, yaitu proses pelaksanaan pembelajaran yang telah dirancang yaitu secara daring , home visit dan tatap muka terbatas; Controlling, sistem pengawasan dari kemendikbud dan majelis dikdasmen Muhammadiyah, dan Evaluating, yaitu proses evaluasi dan penilaian, baik secara luring maupun berbasis komputer. Implikasi dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pertimbangan bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pendidikan di masa pandemi.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Covid-19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 5(1), 367–375.

Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 28–37.

Jaya, H. N., Idhayani, N., & Nasir. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566–1576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 26–30. file:///D:/PD Manajemen Pembelajaran/Kahfi, 2020.pdf

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.

Locke, L. E., Spirduso, W. W., & Silverman, S. J. (2007). Proposals that work: A Guide for Planning Dissertation and Grant Proposal (5th ed.). CA: Sage.

Mavianti, & Ananda, R. D. (2020). Strategi Mengurangi Rasa Bosan Anak Selama SFH (School From Home) Melalui Kegiatan Berkebun Dengan Sistem Vertikultur Di Dusun IV Desa Manik Maraja Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun. Maslahah, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 164–168. https://doi.org/10.30596/maslahah.v

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. CA: Sage.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sutomo. (2007). Manajemen Sekolah. UPT MKK UNNES Press.

Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495–508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Harfiani, R., Mavianti, M., & Setiawan, H. R. (2021). Model Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 487–498. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.348