Analisis Kearifan Lokal Dalam Iklan Kuku Bima Ener-G Versi Sumatera Utara: Kajian Antropolinguistik

Authors

  • Yayuk Hayulina Manurung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Lila Bismala Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.349

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan nilai kearifan lokal yang terdapat dalam iklan Kuku Bima Ener-G versi Sumatera Utara dalam kajian Antropolinguistik. Teori yang digunakan dalam mengkaji iklan tersebut adalah teori antropolinguistik. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan kuku bima Ener-G versi Sumatera Utara oleh PT. Sido Muncul. Teknik analisis data dilakukan dengan cara  mendeskripsikan secara detail nilai kearifan lokal  dalam iklan tersebut .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal yang terkandung dalam iklan Kuku Bima Ener-G versi Sumatera Utara adalah (1) kearifan sosial dan komitmen yang ditemukan pada lagu pengiriring yang berjudul ‘Lisoi”, (2) kearifan Kesejahteraan dan kemakmuran yang ditemukan pada lagu pengiring yang berjudul ‘ Sik-Sik Batu Manikkam’, (3) Kearifan keramahtamahan yang terlihat pada scene masyarakat batak dengan senang hati memberikan tumpangan pada backpacker, (4) Kearifan pelestarian dan kreativitas budaya pada tradisi membuat ulos dan tradisi makan sirih dan (5) Kearifan kepedulian lingkungan pada pelestarian orang utan yang sudah punah saat ini. Hasil penelitian diharapankan dapat menjadi revitalisas kearifan lokal dari budaya yang terdapat di Sumatera Utara dan kemudian keberlanjutan nilai budaya yang ada di Sumatera Utara dan pewarisannya pada generasi berikutnya.

References

Duranti, A. 2004. A Companion to Linguistic Anthropology. USA: Blackwell Publisher

Foley, W. 1997. Anthropological linguistics: An introduction. Malden, MA: Blackwell

Keraf, A.S. 2002. Etika Lingkungan. Jakarta : Penerbit Buku Kompas

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rivers, William, et.al. (2008). Media Massa & Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana

Sibarani, Robert. (2012). Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan (ATL

Suhartini. 2009. Kajian Kearifan Lokal Masyarakat dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Manurung, Y. H., & Bismala, L. (2021). Analisis Kearifan Lokal Dalam Iklan Kuku Bima Ener-G Versi Sumatera Utara: Kajian Antropolinguistik. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 499–506. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.349