Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran

Authors

  • Hasrian Rudi Setiawan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kegiatan evaluasi pembelajaran di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan mempergunakan model analisis interaktif Miles and Huberman, dengan beberapa langkah berikut. 1) Pemilihan data (data reduction). 2) Penyajian data (data display). 3) Penarikan simpulan (conclusion drawing/verification). Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil temuan penelitian yaitu: manajemen kegiatan evaluasi pembelajaran di SMP Islam Al-Ulum Terpadu itu, dilakukan dengan: 1) Membuat perencanaan kegiatan pembelajaran secara bersama. Selain itu, masing-masing guru juga melakukan perencanaan; 2) Pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mempergunakan teknik baik tes maupun non tes untuk mengukur tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik; 3) Pengawasan terhadap kegiatan evaluasi pembelajaran dilakukan melalui pengawasan secara langsung (direct control) dan pengawasan tidak langsung (indirect control).

References

Amini, & Mardianto. (2018). Konsep Guru dan Pendidikan: Tips untuk Guru Pemula. Perdana Publishing.

Amirin, T. (2013). Manajemen Pendidikan. UNY Press.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2009). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1992). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston and Bacon Inc.

Harfiani, R., & Setiawan, H. R. (2019). Model Penilaian Pembelajaran d Paud Inklusif. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 5(2), 235–243.

Mavianti, & Harfiani, R. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus: SlB ‘Aisyiyah Tembung). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 95.

Miles, Matthew B & Huberman, A. M. (1992). Qualitative data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Sage.

Moleong. (2007). Metodologi Penelitioan Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya.

Nurzannah, Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2019). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 1, 1–9.

Rifa’i, M., & Fadhli, M. (2013). Manajemen Organisasi. Cipta Pustaka Media Perintis.

Setiawan, H. R. (2021). Management Of New Student Admissions In Improving The Quality Of Graduates At SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. 2, 843–850.

Syafaruddin; Nurmawati. (2011). Pengelolaan Pendidikan. Perdana Publishing.

Wijaya, C., & Rifai, M. (2016). Dasar-Dasar Manajemen. Perdana Publishing.

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Setiawan, H. R. (2021). Manajemen Kegiatan Evaluasi Pembelajaran. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 507–511. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.350