Spiritual Marketing Dalam Memaksimalkan Pemasaran Syariah
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.354Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa spiritual marketing penting bagi pemasaran syariah. Metodologi yang digunakan yaitu penelitian literatur sesuai dengan permasalahan dari referensi-referensi mengenai pemasaran syariah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran syariah mempunyai karakteristik dan value tersendiri yaitu dengan menerapkan karakteristik teistis, etis, realistis, dan humanistis. Strategi dalam spiritual marketing yaitu information technology allows us to be transparent, be respect your competitors, the emergence of customers global paradox. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu prinsip dalam syariah marketing adalah menciptakan value bagi stakeholders-nya. Tiga stakeholders dari suatu perusahaan adalah people, customers dan shareholders, karena ketiganya sangat berperan dalam menjalankan usahaReferences
Abdullah Amrin, (2006). Asuransi Syariah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Encyclopedia Brittanica, X, (Micropeadia)).. Dikutip dari Hermawan Kartajaya, Syariah marketing, ,Ushul Al-Syariah (Nalar Kritis Syariah). Kairo, Mesir, 1978.
Hemawan kertajaya dan Sakir Sula. (2006). Pengantar Muhammad Syafi’i Antonio, Syariah Marketing. Bandung: Mizan Media Utama.
Ikhsan Bayanuloh. (2019). Marketing Syariah. Yogyakarta: Budi Utama.
Johan Arifin. (2009). Etika Bisnis Islami. Semarang: Walisongo Press.
M. Nur Rianto Al Arif. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alpabeta.
Muhammad Sula dan Hermawan Kertajaya. (2005). Syariah Marketing. Jakarta. Mizan.
Muhammad Syakir Sula. (2004). Asuransi Syariah (Life and General); konsep dan Sistem Operasional. Jakarta: Gema Insani press.
Patah Abdul Syukur dan Fahmi Syahbudin. (2017). Konsep Marketing Mix Syariah, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 05, No. 01.
Philip Kotler, Gary Amstrong. (2003). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Airlangga.
Steven R. Covey. (1997). The 7 Habits of Highly Effective People. Jakarta: Bainarupa Aksara.
Veithzal Rivai, Amiur Nuruddin, dan Faisar Ananda Arfa. (2012). Islamic Business and Economic Ethics: Mengacu pada Alquran dan Mengikuti Jejak Rasulullah SAW dalam Bisnis, Keuangan, dan Ekonomi. Lampung: Bumi Aksara.
Veithzal Rivai. (2012). Islamic Marketing : Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktik Marketing Rasulullah Saw. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Asytuti, Rinda. (2012). Kritik Terhadap Pemasaran Bank Syariah (Pendekatan Eksperiental Marketing)” dalam Jurnal Hukum Islam, Vol. 10, No. 1, Juni 2012.
Mubarok, Nurul dan Maldina, Eriza Yolanda. (2017). Strategi Pemasaran islami dalam Meningkatkan Penjualan pada Butik Calista, dalam Economic, Vol. 3, No. 1, Juni 2017.