Analisis Penggunaan E-Commerce Di Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.357Abstract
Perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan teknologi membuat tuntutan terhdap kehidupan menjadi serba mudah dan instan. Perkembangan teknologi terutama informasi memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap perubahan gaya hidup di masyarakat. Teknologi informasi memudahkan seluruh kegiatan masyarakat dalam berbagi hal, misalkan melakukan transaksi keuangan, melakukan pembayaran, sampai kepada melakukan pembelian (berbelanja). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunan e-commerce di masa pandemi. Metode dalam penelitian ini adalah metode desktriptif kualitatif dengan mencari sumber data dari hasil penelitian dan berita yang diakui kebenarannya. Hasil penelitian menyatakan bahawa e-commerce yang paling banyak digunakan adaah shopee. Adanya platform e-commerce sangat membantu masyarakat dalam melakukan transaksi jual-beli ditengah pandemi. Faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli di shopee adalah kualitas, harga, dan kepercyaan.References
BPS. (2020). Statistik E-Commerce 2020. Jakarta.
Catriana, E. (2020). Shopee Bukukan 260 Juta Transaksi pada Kuartal II 2020. Kompas.Com.
David KJ, Turban; T, L. D. T. (2012). Electronic Commerce (7th ed.). United States : Person.
Kotler, P. and G. A. (2008). Princile of Marketing (Eleventh). Prentice Hall.
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550
Lumempow, N., Mandey, S., & Jopie, R. (2015). Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan the Analysis of Factors of the Quality of Customer Satisfaction on Pt . Bank Mandiri. Emba, 3(3), 1275–1286.
Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan , dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 101–119.
Megawati, D. A. (2017). Analisis Perbandingan Social Commerce Dari Sudut Pengguna Website. Jurnal Teknoinfo, 11(1), 10. https://doi.org/10.33365/jti.v11i1.4
Merdeka. (2021). Daftar E-Commerce Paling Banyak dikunjungi di Indonesia. Retrieved from https://www.merdeka.com/uang/daftar-e-commerce-paling-banyak-dikunjungi-di-indonesia.html
Pulakiang, A. R., Wiranatha, I. M. N., & Batmetan, J. R. (2019). ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-COMMERCE MENGGUNAKAN TWITTER API (Studi Kasus: Tokopedia, Lazada dan Bukalapak). IJIS - Indonesian Journal On Information System, 4(1). https://doi.org/10.36549/ijis.v4i1.47
Rahman, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online. Jurnal Admonistrasi Bisnis, 52(1), 1–7. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A
Rangkuti, F. (2013). Riset pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Riyanto, G. P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021. Kompas.Com. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta
Sastika, W. (2017). 226385-Analisis-Kualitas-Layanan-Dengan-Menggun-8883C0Bb.
Setyowati, D. (2020). “Senjata” Shopee geser tokopedia saat Pandemi Corona. Katadata.Co.Id.
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2016). Service, Quality, and Statisfaction (4th ed.). Yogyakarta: Andi.
Zulfa, L., & Hidayati, R. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee di Kota Semarang. DIPONEGORO JORNAL OF MANAGEMENT, 7(3), 1–11. https://doi.org/10.32487/jshp.v4i2.833