Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Camat Medan Deli Pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Dewi Andriany Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mutia Arda Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.365

Abstract

Kantor Camat Medan Deli merupakan salah satu instansi pemerintah yang tetap memberikan pelayanan publik kepada masyarakat umum pada masa pandemi covid 19. Kantor camat Medan Deli memiliki permasalahan salah satunya terkait daya tanggap pegawai kantor camat dalam melayani masyarakat. Oleh karena itu, Kantor Camat Medan Deli harus dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanannya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui data primer. Pengumpulan data menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 84 orang yang telah membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dengan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelayanan publik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat umum. Dilihat dari koefisien determinasi R2 diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,774. Maka nilai ini menunjukkan sebesar 77,4% kepuasan masyarakat Kecamatan Medan Deli dipengaruhi oleh pelayanan publik yang baik.

References

Anisa, Siti. 2018. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Helvetia. Repository UINSU

Arda, M. 2017. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Putri Hijau Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 45–60. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1097

Bahri, S., & Nisa, Y. C. (2017). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 9–15. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1395

Bismala, L. (2021). Assessing Islamic Leadership And Its Effect On Employee Job Satisfaction At. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 2, 533–542

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Aziz, Fathul Aminuddin. 2012. Manajemen dalam Perspektif Islam. Cilacap:Pustaka El-Bayan

Buru, Orvini Oflyanti., Setiamandani, Emei Dwinanarhati. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. ISSN 2442-6962. Vol.7. No.3. Hal.120-123

Handayani, Susi., Siswadi, Yudi. 2019. Analysis of Islamic Concept In Human Resource Management Practices. Proceeding International Seminar on Islamic Studies. Vol.1. No.1. Hal 97-103

Indriani, Delly., Rusmiwari, Sugeng., Suprojo, Agung. 2017. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat: Studi Kasus Izin Produksi Pangan Industri Rumah Tangga Di Kantor Badan Penanaman Modal Kota Baru. JISIP:Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. ISSN 2442-6962. Vol. 6. No.2. Hal. 10-17

Kiptiyah, Mariatul., Pudyaningsih, Ratna., Oktafiah, Yufenti. 2019. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penerbitan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Jurnal EMA-Ekonomi Manajemen Akuntansi. Vol. 4. No.1 Juni 2019. Hal 30-37

Putra, Dhion Gama., Pratiwi, Ratih Nur., Trisnawati. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol.3. No.12. Hal 2118-2122

Rahmayanty, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: PT Graha Ilmu

Rizal, Said Muhammad., Radiman. 2019. Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Imliah Magister Manajemen. ISSN 2623-2634. Vol.2 No.1. 117-128

Sangadji, Etta Mamang., Sopiah., 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Sari, Nanna. 2019. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Camat Lappariaja Kabupaten Bone. Repository Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Vellayati, Widya Arum. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik dan Disiplin Kerja Pegawai terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Balai Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Weikamp, J. G., & Göritz, A. S. (2016). Organizational citizenship behaviour and job satisfaction: The impact of occupational future time perspective. Human Relations, 69(11), 2091–2115. https://doi.org/10.1177/0018726716633512

www.bpn.go.id, KepMenPAN 25 Th 2014 Ttg Pedoman Umum Penyusunan IKM, Pdf, (diakses Pada Tanggal 29 Juni 2021), h.7-8

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Andriany, D., & Arda, M. (2021). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Camat Medan Deli Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 593–600. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.365