Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online

Authors

  • Roswita Hafni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai dampak pandemi COVID-19 terhadap pendidikan online di Indonesia, serta dapat memberikan masukan kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dimana salah satu kebijakan pemerintah dalam menanggulangi belanja publik di bidang pendidikan adalah dengan memberikan subsidi kepada siswa dan siswa, sebagai sampel adalah subsidi kuota. Pembelajaran online merupakan salah satu cara untuk mencegah mata rantai penyebaran wabah covid 19. Dan membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai, seperti laptop, komputer, smartphone dan jaringan internet serta diharapkan dapat menjadikan siswa lebih mandiri, karena lebih menekankan pada student centeredness. Mereka lebih berani mengungkapkan pendapat dan idenya.

References

Hapsari Catur Hanandya, (2016). Dalam penelitian mengemukakan bahwa penggunaan media online dalam pembelajaran bahasa.

Mohammad Yazdi, (2016). E-learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi.

Arief Rahman Yusuf, (2016). Penerapan E-learning Sebagai Penunjang Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013.

Yulita Pujilestari. Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.

Rizqon Halal Syah Aji. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran.

UNICEF. COVID-19 dan Anak - Anak di Indonesia. www.unicef.org/indonesia

Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar.

Wahyu Aji Fatma Dewi. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.

Syarifudin. Pengembangan Sistem Pembelajaran Online di SMK NU Ungaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2019 - 2020). Jumlah Keseluruhan Pelajar di Indonesia. http://statistik.data.kemdikbud.go.id/

Statqo Analytics, (2020). Data Pengguna Aplikasi Meeting Online.

Soekartawi, (2003). Prinsip Dasar e-Learning: Teori dan Aplikasinya di Indosnesia. Jurnal Teknodik Edisi 12.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 https://covid19.go.id/

Briliannur Dwi C, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdy Mahesha Putra, Hidayatur Rahman. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19.

Sagala, Syaiful.(2013). Etika dan Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan.

Kementerian Keuangan. Subsidi Kuota Internet www.kemenkeu.go.id

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Hafni, R. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Online. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 601–611. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.368