Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13 Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan

Authors

  • Putri Maisyarah Ammy Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.375

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seharusnya mampu memberikan pengaruh positif terhadap dunia pendidikan, jika dimanfaatkan dengan baik. Khususnya teknologi komputer baik dalam perangkat keras maupun perangkat lunak, memberikan banyak tawaran dan pilihan bagi dunia pendidikan dalam menunjang proses pembelajaran. Namun dalam pelaksanaannya masih banyak pendidik yang belum memaksimalkan kemajuan teknologi dan informasi, meskipun sekolah sudah memiliki fasilitas yang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 dalam pembelajaran matematika materi himpunan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) Borg and Gall, dengan memodifikasi 10 tahapan yang ada menjadi 7 tahapan, yaitu; potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Berdasarkan hasil validasi produk, diperoleh kesimpulan bahwa modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran matematika materi himpunan dikategorikan “sangat layak” untuk digunakan. Persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 88,3% dan ahli media sebesar 86,1%. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa modul digital interaktif berbasis Articulate Studio’13 pada mata pelajaran matematika materi himpunan dapat digunakan sebagai modul pembelajaran.

References

Aprilliyah, & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif pada Materi Jurnal Khusus Kelas X Akutansi di SMK Negeri Mojoagung. UNESA. 1–7.

Basonggo, I., Tangkas, I. M., & Said, I. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Meselesek. Jurnal Kreatif Tadulako, Online, 2(2), 96–104.

Dharma, Surya. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Edi Wibowo dan Dona Dinda Pratiwi. (2018) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika 1(2) 147-156.

Ghozali, Fachrory Akbar dan Puput Wanarti Rusmianto. (2016.) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio’13 Kompetensi Dasar Arsitektur dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok PLC di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol 05 No 01.

Husni, Ahmad. (2020). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Sekolah Dasar. Pekalongan: Dinas Pendidikan Kota Pekalongan.

Indrawati, R. M. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Melalui Bermain Peran. Journal of Elementary Education, 2(4), 15–22.

Jabar, A. (2015). Penerapan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 81–88.

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43–50.

Rolisca, Rendik Uji Chandra, dan Bety Nur Achadiyah. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (Bss). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XII, No. 01

Sahfriana, I., Subchan, W., & Suratno. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPA Biologi untuk Materi Ajar Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas 8-C Semester Gasal di SMP Negeri 1 Bangil. Pancaran, 4(2), 213–222.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UU Guru dan Dosen. (2015). UU RI No. 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen.

Wijayanti, Septiana danJoko Sungkono. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mengacu Model Creative Problem Solving berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Ammy, P. M. (2021). Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13 Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 644–651. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.375