Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Metode Penemuan Terpandu Berbantuan Software Autograph
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.399Abstract
Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan pengetahuan program perangkat lunak seperti Autographs meningkatkan kompetensi penalaran matematis mahasiswa dibandingkan dengan bantuan program perangkat lunak. Bukti ini dicapai untuk mencapai pengembangan kapasitas berpikir numerik mahasiswa yang diinstruksikan untuk menggunakan pengungkapan terbimbing memperoleh pengetahuan tentang strategi dibantu dengan bantuan menggunakan Autograph dengan penemuan terpandu memperoleh pengetahuan tentang pendekatan tanpa program Komputer. Penelitian eksperimen pelajaran ini mengambil sampel populasi sebanyak 122 orang. Instruksi secara acak diputuskan dari panduan yang ada dibagi menjadi instruksi pola. Keagungan eksperimental pertama diubah menjadi pengobatan yang diberikan dengan bantuan menggunakan Penemuan Terpandu memperoleh pengetahuan tentang Metode dibantu dengan dukungan menggunakan program perangkat lunak Autograph, sementara beberapa gelar lain diubah menjadi pengobatan yang diberikan dengan bantuan menggunakan penemuan penemuan terbimbing. pengetahuan tentang pendekatan tanpa program perangkat lunak Autograph. Alat yang digunakan pada tampilan ini diubah menjadi tanda centang. Kemudian efek cek diperiksa melalui penggunaan t-check dengan bantuan SPSS. Standar pemeriksaan ditolak H0 jika tabel t lebih kecil dari t hitung. Efek dikonfirmasi mengandalkan berubah menjadi 2.785 secara bersamaan sebagai meja berubah menjadi 2.000. Mahasiswa yang diajar dengan bantuan penemuan terbimbing memperoleh pengetahuan tentang pendekatan berbantuan dengan menggunakan Autograph (Percobaan pertama) lebih baik daripada tanpa perangkat lunak.References
Afifah, N. (2019). Comparative Study of Reasoning Capability and Mathematical Understanding of Student between Application of Open Ended Approches and Expository Approches and Relatioan to student Early Capablities. 355(Pfeic), 54–58. https://doi.org/10.2991/pfeic-19.2019.11
Batubara, I. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Dan Geogebra di SMA Free Methodist Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.219
Batubara, I. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di Fkip Umsu. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.30743/mes.v4i1.869
Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i2.2077
Batubara IH. (2017). Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Umsu, 6, 97–104.
Dachi, S. W., & Batubara, I. H. (2020). The Development of Learning Model Through Problem Based Introduction ( PBI ) on Student ’ s Motivation Improvement in Mathematics Education. 2(2), 174–177.
Dhiman, S. C. (1981). Tentorium in Leptocorisa varicornis Fabr. (Heteroptera -- Coreidae). Folia Morphologica, 29(4), 336–338.
Husnah, N. U., Mulyono, M., & Asmin, A. (2020). The Influence of Autograph Software Aid STAD Learning Model on Mathematic Communication Ability and Mathematic Disposition of Gender. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1468–1478. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1215
Irvan, & Muslihudin, R. (2020). The Development of Teaching Materials With Problem Based Learning On The Mathematcal Statistics Subject To Improve Students’ Critical Thingking Ability. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science.
Mushlihuddin, R., Irvan, & Panjaitan, S. (2020). Effectiveness of Geogebra Learning with Scientific Approach to Vocational School of Technical Engineering 2 Binjai. Journal of Physics: Conference Series, 1429(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1429/1/012004
Suprihatin, T. R., Maya, R., & Senjayawati, E. (2018). Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm