Pengaruh Motivasi Konsumen dan Diskon Terhadap Pembelian Tidak Terencana di Delipark Mall Pada Masa Pandemi Covid 19.
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.414Abstract
Selama masa pandemi Covid-19, Delipark Mall, Medan tetap beroperasi dan dikunjungi pembeli yang mencari berbagai barang kebutuhan. Namun, hal itu tidak lantas menyebabkan mal ramai dikunjungi, karena ada faktor pelemahan daya beli. Oleh sebab itu, banyak pengusaha/toko di Delipark Mall menawarkan berbagai cara untuk meningkatkan motivasi konsumen berbelanja salah satunya dengan penawaran diskon yang cukup sering untuk meningkatkan pembelian tidak terencana. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif melalui data primer. Pengumpulan data menggunakan teknik accidental sampling sebanyak 90 orang yang telah berbelanja di Delipark Mall tanpa adanya perencanaan pembelian terlebih dahulu. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan motivasi konsumen dan diskon berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana. Dilihat dari koefisien determinasi R2 diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,875. Maka nilai ini menunjukkan sebesar 87,5% pembelian tidak terencana dipengaruhi oleh motivasi konsumen dan diskon.References
A.C Nielsen. 2017. Survei of Consumer Behaviour and Perception Toward Modern Retail and Traditional Trade Channels. Jakarta : Departemen Perdagangan Indonesia
Alagoz, Selda Basaran dan Ekici, Nezahat. 2011. Impulse Purchasing As Purchasing Behaviour And Research On Karaman. International Research Journal Of Finance And Economics. Vol. 66: 172-180
Andriany, Dewi., Arda, Mutia. 2021. The Effect of Discount Prices Toward Impulse Buying Halal Food On Go Food Consumers in Medan. Proceeding International Seminar of Islamic Studies. 2(1). 54-61.
Arda, Mutia., Andriany, Dewi. 2019. Effect of Loneliness and Discount Price On Impulse Buying In Teenage Girls. Conference Unpas. 1(1) 25-34
Alex, Sobur. 2011. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta
Astuti, Rini. Febriaty, Hastina. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pasar Modern. Jurnal Riset Sains Manajemen. Vol.1. No.1. Hal. 35-42. ISSN: 2597-4726
Belch, G.E & Belch, M.A. 2019. Advertising and Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. Ninth Edition. New York: McGraw Hill
Daulay, Raihanah. 2014. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Usaha Mikro Di Kota Medan. Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Vol 14. No.2, Hal. 110-121
Handayani, Susi., Arda, Mutia. 2019. Effect of Discount and Hedonic Shopping Motives Against Buying Impulse. Conference Unpas. 1(1) 93-101
Herawati, Arvinia., Pradhanawati, Ari., Dewi, Reni Shinta. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Alfamart di Kecamatan Tembalang Semarang. Diponogoro Journal Of Social And Politic. Vol. 2(2): 1-9
Hetharie, Jondry A. 2011. Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Departement Store Kota Ambon. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 10(4): 896
Kotler dan Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Levy M., Weitz A. Barton. 2012. Retailing Management Edisi 5. New York: McGraw Hill, Irwin
Lis Hendriani. 2017. Inovasi Program Promosi Untuk Sales. Marketing. Jakarta
Margana, Charloan Artha., Setiawan, Putu Yudi. 2014. Pengaruh Stimulus Lingkungan Toko Terhadap Perilaku Pembelian Tidak Terencana Yang dimediasi Oleh Emosi Positif (Studi Kasus Pada Konsumen Hypermarket di Kota Denpasar). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana
Mawey, Hizkia Elfran. 2013. Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Rajawali Nusindo Cabang Manado. Jurnal EMBA Volume 1 nomor 4. ISSN. 2303 – 1174. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2807/2358, diakses : 6 Januari 2021
Maymand, Mohammad Mahmoudi and Mostafa Ahmadinejad. 2011. Impulse (An Empirical Investigation). African Journal Business Management. Vol. 5(34): 13057 – 13065
Mowen, J.C., dan Minor, M. 2016. Consumer Behavior. Prentice Hall, Inc
Nugroho J. Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Kharisma Putra
Ria, Arifianti. 2018. Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Impulse Buying (Survey Pada Supermarket Di Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol 9 No 17 1-75
Revalia L. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan, Promosi dan Hedonic Shopping Motives Yang Mempengaruhi Impulse Buying Dalam Pembelian Secara Online. Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Skripsi. Universitas Diponegoro
Sarbjit. 2020. Pengaruh Motivasi Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online di Instagram. Repositori USU.
Schiffman, L.G dan Kanuk, Lesley L. 2017. Consumer Behavior, New Jersey: Perason Prestice Hall
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya
Tirtayasa, Satria. Nevianda, Myisha. Syahrial, Hery. 2020. The Effect of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Life Style and Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal of Business Economics (IJBE). Vol. 2. Issue 1. Pp 18-28, Sept 2020. eISSN 2686-472x