Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Makanan di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.453Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan kepututusan pembelian makanan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari responden generasi Y dan generasi Z sebanyak 100 orang dengan menggunakan kuisioner online. Metode análisis penelitian ini menggunakan uji analisis faktor. Berdasarkan análisis faktor, faktor pribadi dan faktor sosial merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku kedua generasi tersebut dalam pengambilan keputusan pembelian makanan.References
Adiba, E.M., Wulandari,D.A (2018). Pengaruh Halal Knowledge, Islamic Religiosity, Dan Attitude Terhadap Behavior Konsumen Muslim Generasi Y Pengguna Kosmetik Halal Di Surabaya. Jurnal Inovesi Dan Bisnis Dan Manajemen Indonesia, Vol 1 Hal 357-369
Ali, H & Purwadi,L (2016). Indonesia 2020 : The Urban Middle class Millenials
Asrianto, B. (2013). Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik Di Freshmart Kota Manado, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Akuntansi, Vol.1, 2117–2129.
Bursch, Dan. (2014). “Managing the Multigenerational Workplace”. Diunduh 10 Januari 2020
Daulay, R., & Putri, R. E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 8, 1–6.
Dharma, A.W. (2013). Store Atmosphere Sebagai Stimuli Minat Beli Konsumen Generasi Y. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen
Ferdinand, A. (2014) Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian untuk Penelitian Skripsi, Thesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi kelima. Semarang : UNDIP
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Hari Wibawanto. (2016). Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Simposium Nasional: Mengenal Dan Memahami Generasi Z. Haruskah Pendidikan Tinggi Berubah?,Insitut Teknologi Bandung. Hal.1–12.
Isa, Muzakar., Mardalis, Ahmad., dan Mangifera, Liana. (2018). Analisis Keputusan Konsumen
Dalam Melakukan Pembelian Makanan Dan Minuman Di Warung Hik. Daya Saing
Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol.20, No.1.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran .Jilid 1. Erlangga :Jakarta
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management . Pearson Education International 2012
Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran .Jilid I. Erlangga : Jakarta
Kuncoro, Mudrajad., (2009) .Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga : Jakarta
Mangifera, L; Isa, M; Wajdi, MF. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam
Pemilihan Kuliner di Kawasan Wisata Alam Kemuning. Jurnal Manajemen Daya saing,
, 20 (1)
Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1), 83–88.
Nofiawaty, beli yuliandi. (2014). pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen. Journal of Menegement and Bussines.
Ordun, G. (2015). Millennial (Gen Y) Consumer Behavior Their Shopping Preferences and Perceptual Maps Associated With Brand Loyalty. Canadian Social Science, 11(4), 1–16
Putera, Y.S (2016). Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi : Among Mekarti
Ramadhan, A.F, Simanjuntak M. (2018). Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z : Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan dan Konsep Diri. Jurnal Ilmiah Kel & Kons. Sep 2018, 243-354
Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer behaviour: A European outlook. In Consumer Behaviour: A European Outlook.
Siswanto, T., Asriyal (2019). Analisis Perbedaan Tindakan Swafoto (Selfie) dan Kepuasan Konsumen Generasi X dan Generasi Z pada restoran di Tangerang Selatan. Jurnal Liquidity. Vol.8. juli-desember 2019. 91-97
Sutrisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Strattegi Pemasaran. Rosdakarya : Bandung
Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Uma, Sekaran.., (2006). Metodologi Research untuk Penelitian Penulisan Paper, skripsi, Thesis dan Disertasi, Jilid Tiga. Yogyakarta :Penerbit Andi