Strategi Komunikasi Organisasi PK IMM FISIP UMSU Dalam Melaksanakan Program Kerja di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.464Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi PK IMM FISIP UMSU dalam melaksanakan program kerja di masa pandemi covid-19. Pentingnya strategi komunikasi dalam organisasi agar semua rencana kegiatan atau program kerja dapat dilakukan dengan baik guna mencapai kemajuan organisasi. Teori komunikasi organisasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori mutakhir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi Partisipan dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Organisasi PK IMM FISIP UMSU selama masa pandemi covid-19 dalam melaksanakan program kerja dengan menggunkana dua sistem, yakni sistem online dan sistem offline. Perubahan berbagai program kerja dalam sistem online, seperti rapat, seminar, pengrekrutan anggota baru, dan lain sebagainya dengan menggunakan media online atau media sosial. Sedangkan program-program kerja yang tidak menghadirkan banyak orang, seperti pelatihan yang dilakukan secara langsung dan bertatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pemerintah.References
Abdulloh Zahid Syakir, & Aggasi, A. (2019). Strategi Komunikasi Organisasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumbawa Dalam Mempersiapkan Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat Tahun 2018. Kaganga, Volume 1(Nomor 1), 68–76. http://repository.uts.ac.id/92/1/PRINT SKRIPSI ABDULLOH ZAHID SYAKIR-dikonversi.pdf
Alimudin & Muhammad Syafi’i. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI SATUAN PENGAMANAN DI PT . PANDAN BAHARI SHIPYARD TANJUNG UNCANG KOTA BATAM Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi , Universitas Putera Batam Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi , Universitas Putera Batam This research is do. SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. RajaGrafindo Persada.
Esterberg. (2002). Qualitative methods in social research. Graw Hill.
Fadhli, M. N. (2021). Strategi komunikasi organisasi di mis azzaky medan. 2(2), 8–21.
Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi Media Dalam Menangkal Radikalisme Pada Siswa. 5(1), 31–41. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5564
Hidayat, T. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. In Jurnal Study Kasus (Vols. 1–13, Issue August). https://www.researchgate.net/publication/335227300_PEMBAHASAN_STUDI_KASUS_SEBAGAI_BAGIAN_METODOLOGI_PENELITIAN
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana Prenada Media Group.
Littlejohn Stephen W. & Foss Karen A. (2014). Teori Komunikasi Theories of Human Communication (9th ed.). Salemba Humanika.
Merriam & Tisdel. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation. Fourth edition (Fourth Edi). Jossey-Bass.
Mudjia Rahardjo. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF: KONSEP DAN PROSEDURNYA.
Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian; Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Prenada Media Group.
Pardede, A., & Putri, Y. R. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI ORMAS PEMUDA PANCASILA JAKARTA SELATAN DALAM MEMPERBAIKI CITRA. E-Proceeding of Management, 6(1), 1837–1845.
Purnama, A. D. U. dan B. E. (2012). PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL (FACEBOOK) SEBAGAI MEDIA BISNIS ONLINE (STUDI KASUS DI BATIK SOLO 85). Seruni FTI UNSA, 1, 1–7.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Suardi, W. (2018). Catatan kecil mengenai desain riset deskriptif kualitatif. Islam Nusantara, 1(1), 1–11.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta.
Widiastuti, A. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PULAU JAWA. Jurnal Ekonomi-QU, 11(1), 97–107.
Yanuarita, H. A., & Haryati, S. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kondisi Sosial Budaya Di Kota Malang Dan Konsep Strategis Dalam Penanganannya. Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika, 2(2), 58. https://doi.org/10.24843/jiwsp.2020.v02.i02.p01
Zamzami & Wili Sahana. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(April), 1–10.