Kepemimpinan Trasnformasional Kepala Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu An Naas di Kota Binjai
DOI:
https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.594Abstract
Kepemimpinan memiliki kedudukan yang menentukan dalam organisasi. Pemimpin yang melaksanakan kepemimpinannya secara efektif dapat menggerakkan orang/personel kearah tujuan yang dicita-citakan, sebaliknya pemimpin yang keberadaannya hanya sebagai figur, tidak memiliki pengaruh, kepemimpinannya dapat mengakibatkan lemahnya kinerja organisasi, yang pada akhirnya dapat menciptakan keterpurukan. Kepemimpinan transformasional adalah kepemimpinan yang mengubah energi sumber daya maupun situasi untuk mencapai tujuan. Sifat-sifat kepemimpinan transformasional kharismatik, membangkitkan inspirasi, merangsang, tenggang rasa secara individu. Ciri-ciri keopemumpinan transformasinal: memiliki visi, konsidearsi individu, inspirasi motivasi, menstimulasi intelktual. Kepala sekolah trasnformasional memiliki visi, agen perubahan, kharismatik, empatik, merangsang intelektualitas dan menumbuhkan kreativitas. Penerapan kepemimpinan transformasional mengantarkan kepada profesionalisme pembelajaran. Tercipta budaya dan iklim sekolah efektif, tercapainya prestasi belajar siswa yang memuaskan. Dengan kepemimpinan transformasional ini memberi dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan di SMP IT An Naas Binjai.References
Bass, B.M. (1985). Leadership and Performance Beyond Expectation. New York: Free Press.
Hakim, Lukman. (2018) Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Jambi: Timur Laut Aksara.
Hikmat. (2009). Menejemen Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Harbani, P. (2008). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.
Kementrian Pendidikan. (2020). Buku Bacaan Penguatan Kepala Sekolah: Manajerial. Jakarta : tanpa penerbit.
Kuswaeri, Iwa. (2016). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan. Vol. 2 No. 2 Desember 2016
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.