Peran Manajemen dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Medan)

Authors

  • Nurika Hayati Prodi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UMSU
  • Indra Prasetia Prodi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UMSU

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.595

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Semakin tinggi kualitas pendidikan maka semakin tinggi pula kualitas sumber daya manusia itu. Hal ini membuat pemerintah bersama dengan kalangan swasta berupaya semaksimal mungkin menjadikan pendidikan yang berkualitas, antara lain: melalui pengembangan, perbaikan kurikulum, sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, serta pelatihan guru dan tenaga kependidikan lainnya. SMA Negeri 1 Medan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terus berusaha untuk memajukan kualitas pendidikan disekolah tersebut. Meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah membutuhkan banyak aspek sehingga tujuan tersebut dapat tercapai. Salah satu aspek tersebut adalah manajemen organisasi yang baik. Sejak era reformasi mulai diterapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) seiring dengan bergulirnya otonomi daerah (pelimpahan wewenang pemerintah pusat pada pemerintah daerah). Model MBS ini adalah suatu ide dimana kekuasaan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pendidikan diletakkan pada tempat yang paling dekat dengan proses belajar mengajar yakni sekolah. Dalam pelaksanaan MBS tersirat adanya tugas sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan menggunakan strategi yang lebih memberdayakan semua potensi sekolah secara optimal.

References

Atmosudirjo, Prajudi. (1982). Administrasi dan Manajemen Umum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Atmodiwirio Soebagio. (1993). Manajemen Training Pedoman Praktis Bagi Penyelenggara Training. Jakarta: Balai Pustaka.

Bittel, Lester Robert (Ed). (1978). Encyclopedia of Profesional Management Volume 1 Editor: Grolier International.

Biro Perencanaan Depdikbud. (1993). 24 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Ahli. Jakarta.

Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (1984). Principles of Management (2nd ed.). New York: Random House.

Castetter. (1996). Kajian Administrasi Pendidikan di Dunia Pendidikan. https://www.google.com/search?q=Castetter.+1996%3A198&ei=klwZYsDcC6yQseMPxby-qA8&ved=0ahUKEwjA7Zbm95v2AhUsSGwGHUWeD_UQ4dUDCA0&uact=5&oq=Castetter.+1996%3A198&gs_lcp=Cgdnd3Mtd2l6EAM6BwgAEEcQsANKBAhBGABKBAhGGABQpQVYjEBg5EtoA3ABeAKAAfEBiAGmFJIBBjMxLjEuMZgBAKABAaABArABAMgBCMABAQ&sclient=gws-wiz Akses 20 Desember 2020.

Decenzo, David A. & Robbins, Stephen P. (1999). Human Resource Management. (6 th ed.). United States of America: John Wiley and Son.

Engkoswara. (2001). Pengembangan Ilmu Manajemen Pendidikan. https://www.google.com/search?q=Engkoswara+2001%3A2&ei=5l4ZYsvWE_2WseMP27icwAY&ved=0ahUKEwjL4beC-pv2AhV9S2wGHVscB2gQ4dUDCA0&uact=5&oq=Engkoswara+2001%3A2&gs_lcp=Cgdnd3Mtd2l6EANKBAhBGAFKBAhGGABQxgRYmjVg5ERoA3AAeAOAAY8CiAH2EpIBBjI0LjMuMZgBAKABAaABArABAMABAQ&sclient=gws-wiz. Akses Desember 2020.

Koontz, Harold and Cyril O'Donnell. (1972). Principles of Management: An Analysis of Managerial Functions. McGraw-Hill.

Pidarta, Made. 1988. Manajemen pendidikan Indonesia. Edisi, Cet. 1. Jakarta: Bina Aksara 1988.

Satori, Djam’an. (1980). Manajemen Pendidikan: Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, dan Tujuannya. https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/manajemen-endidikan.html. Akses 20 Desember 2020

Siagian, Sondang P. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung.

Terry, George R. (2004). Prinsip-prinsip Manajemen. Terjemahan J. Smith D. F. M.. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Hayati, N., & Prasetia, I. (2021). Peran Manajemen dalam Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Medan). Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1139–1150. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.595