Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah di SMP Nahdlatul Ulama Paluh Kurau Hamparan Perak Deli Serdang

Authors

  • Dedi Irwansyah Prodi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UMSU
  • Indra Prasetia Prodi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UMSU

DOI:

https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan pendidikan di SMP Nahdlatul Ulama Paluh Kurau Hamparan Perak Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian bertempat di SMP Nahdlatul Ulama Dusun XIV Paluh Kurau, Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan pegawai di SMP Nahdlatul Ulama Dusun XIV Kecamatan Paluh Kurau. Sedangkan obyek penelitian adalah kepemimpinan pendidikan kepala sekolah. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup pengolahan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kepemimpinan pendidikan di sekolah adalah peran kepemimpinan yang memberdayakan, kepala sekolah membagi kewenangan dengan bawahannya. Ini dilakukan untuk memberikan tanggungjawab kepada bawahannya maka kepala sekolah melakukan pembagian tugas dan kewenangan. Pemberdayaan melalui pendelegasian wewenang dan tanggungjawab, sehingga setiap keputusan dan perhatian terfokus pada usaha pembinaan program pengajaran dan pengembangan kinerja bawahan. Kepemimpinan pendidikan yang mengembangkan pertumbuhan guru-guru secara berkesinambungan, mampu membantu guru-guru mengenai kebutuhan masyarakat, membantu guru membina kurikulum sesuai dengan minat, kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Kepala sekolah sebagai supervisior bertugas memberikan bimbingan bantuan dan pengawasan dan penilaian pada masalah-masalah yang berhubungan dengan teknis penyelenggara dan pengembangan pendidikan, pengajaran yang berupa perbaikan program pengajaran dan kegiatan pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar mengajar yang lebih baik.

References

Abdullah, A.G.K., Ling, Y.L., Sufi, S.B., Principal Transformational Leadership and Teachers Motivation. Asian Education Studies Journal, Vol. 3, No. 1; 2018.

Day, C & Pamela, S. (2014). Successful Schools Leadership. Educatioan Development Trust. The University of Nottingham, United Kingdom.

Kanesan, A.G., Almadhoun, T.Z., & Ling, Y.L. Organizational Empowerment and Commitment: The Mediating Effect of Psychological Empowerment. Asian Journal of Social Sciences, Arts and Humanities, 3(2), 2015.

Laila, A. The Effective School: The Role of the Leaders in School Effectivensess. Academic Journal Educational Researc and Reviews, Vol 10 (6), 23 March 2015.

Prasetia, I. The Effect of Transformational Leadership and Academic Optimism Culture on Teacher Empowerment and Motivation along its Impact on the Effectiveness of Medan State Junior High School. International Journal on Language, Research and Education Studies, Vol 4, No 2, 2020.

Prasetia, I, Akrim, Sulhati, & Burhanuddin. The Influence of Lesson Study Strategy on Teachers’s Pedagogical Quality in All State Madrasah Aliyah of Medan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), Volume 4, No 1, February 2021, Page: 762-772

Rangkuti, N.A, Aktar, S, Prasetia, I. Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al-Fauzi Medan. Edutech : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol 7 No 1, 2021.

Rohiat. (2009). Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.

Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsaputra, Uhar. (2010). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Irwansyah, D., & Prasetia, I. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah di SMP Nahdlatul Ulama Paluh Kurau Hamparan Perak Deli Serdang. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 1151–1156. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.596