PENGARUH ENDORSMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN PERCEIVED VALUE DAN PERCEIVED USEFULNESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA VIEWER FOODVLOGGER DI KOTA MEDAN)

Main Article Content

Laksamana Putra Ryan B
Eri Yanti Nasution

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh endorsement terhadap purchase intention pada viewer food vlogger di Kota medan, serta menguji peran perceived value dan perceived usefulness ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuisoner, sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan SEM-PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa endorsement memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention dengan nilai P-Value sebesar 0,026 (<0,05), endorsement berpengaruh signifikan terhadap perceived value dengan P-value sebesar 0,000 (<0,05), endorsement juga berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness dengan P-Value sebesar 0,000 (<0,05), perceived usefulness tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap purchase intention dengan P-Value sebesar 0,206 (>0,05), perceived value juga tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dengan P-Value sebesar 0,670 (>0,05), endorsement terhadap purchase intention tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan P-value sebesar 0,672 (>0,05), dan hubungan antara endorsement dan purchase intention dimediasi oleh perceived usefulness secara signifikan dengan P-V alue sebesar 0,028 (<0,05). Hasil ini mengindikasikan bahwa endorsement berperan penting dalam meningkatkan purchase intention secara langsung maupun melalui perceived usefulness, sedangkan perceived value tidak memberikan pengaruh yang signifikan yerhadap purchase intention..

Article Details

Section
Articles

References

Coker, A. L., Danielle M. D., Kaitlyn H., & Heather M. (2017) The Green Light for Green Dot A Qualitative Study of Factors Influencing Adoption of an Efficacious Violence Prevention Program in High School Settings. Journal Permissions, 26(13), 1701-1726.

Keller. 2003. Strategic Branding Management: Building Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson Education Inc

Kotler, dan Armstrong. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.

Lai, T. L. (2004), “Service Quality and Perceived Value’s Impact on Satisfaction, Intention and Usage of Short Message Service (SMS), Journal Information System Frontiers, 6(4), 60-68.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal Emba, 1(3), 284–293.

Martin, J., & Tanaamah, R. A. (2018). Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Desktop Website Menggunakan Framework Bootstrap Dengan Metode Rapid Application Development, Studi Kasus Toko Peralatan Bayi ‘Eeng Baby Shop’. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(1), 57-68.

Parengkuan, V., Tumbel, A., & wenas, R., (2014). Analisis Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser. Jurnal Manajemen EMBA, 2(3), 1792-1082.

Subagio, P. D., & Rachmawati, L., U. (2020). Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan Perceived Value dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Viewer Food Vlogger of YouTube Channel). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan , 8(1), 1–11.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sujalu, A. P et al. (2021). Statistik Ekonomi 1. Zahir Publishing

Robinson T. R. et al. (2009). International financial statement analysis workbook. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Tjiptjono, F., & Triandewi, E. (2014). Consumer Intention to Buy Original Brands Versus Counterfeits. International Journal of Marketing Studies, 5(2), 23–32