ANALISIS ADOPSI TEKNOLOGI, AKSES PASAR DIGITAL, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP DAYA SAING UMKM DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL
Main Article Content
Abstract
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anatan, L. (2021). Digitalisasi Pasar dan Perilaku Konsumen Modern. Bandung: CV Alfabeta.
Badan Pusat Statistik. (2022). Survei Nasional UMKM. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2023). Indeks dan Subindeks Pembangunan TIK Indonesia 2023. Jakarta: BPS.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik E-Commerce 2023. Jakarta: BPS.
Chaffey, D. (2020). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice (7th ed.). Harlow: Pearson Education.
Cyber Security Indonesia. (2023). Indeks Keamanan Siber Asia Tenggara. Jakarta: CSI.
Hafni, R. (2024). Statistika Ekonomi. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Hardi, R., & Arifin, A. (2023). Tantangan Adopsi Teknologi di Kalangan UMKM Indonesia. Jakarta: LIPI.
Hidayat, R., Setiawan, R., & Nugroho, R. (2020). Technology Adoption in Indonesian SMEs: Drivers and Barriers. Jurnal Teknologi dan Inovasi, 9(2), 77–85.
Kementerian Keuangan RI – DJKN. (2023). Data UMKM per Provinsi 2010–2023. Jakarta: Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2023). Laporan Tahunan UMKM 2023. Jakarta: KemenkopUKM.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. (2023). Laporan Tahunan UMKM Indonesia. Jakarta: KemenkopUKM.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-Commerce 2020: Business, Technology, Society (16th ed.). Boston: Pearson.
Nielsen. (2022). Consumer Digital Behavior Report. Jakarta: Nielsen Indonesia.
Pratamansyah, S. R. (2024). Analisis Dampak Teknologi pada Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Digital.
Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93.
Republik Indonesia. (2019). Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).
Tambunan, T. (2019). UMKM di Indonesia: Masalah dan Strategi Pengembangan. Jakarta: LP3ES.
Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2020). Economic Development (13th ed.). London: Pearson Education.
United Nations Development Programme. (2021). Digital SMEs and Socioeconomic Inclusion. New York: UNDP.
World Bank. (2021). Digital Adoption by SMEs in Developing Economies. Washington, DC: World Bank.
Zimonji?, J., & Zimonji?, D. (2023). Digital Business Models for Competitive SMEs. Journal of Business Innovation.