Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pasta Gigi Formula Pada Desa Denai Kuala Pantai Labu Deli Serdang

rukmini rukmini, Muhammad Rizaldy Wibowo, Sri Murniyanti

Abstract


This study aims to determine the factors that influence the decision to purchase Formula Toothpaste in the village of Denai Kuala Pantai Labu Deli Serdang. Some of the proxied factors include advertising and price on the decision to purchase Formula Toothpaste at Desa Denai Kuala Pantai Labu Deli Serdang. It aims to analyze the effect of advertising and price on purchasing decisions of formula toothpaste in the community of Denai Kuala Village, Pantai Labu District, Deli Serdang. This study uses quantitative data analysis with the population being the people of Denai Kuala Village, Pantai Labu Deli Serdang District. Sampling using the Slovin formula with an error rate of 10% so that the research sample was obtained as many as 97 people. The data analysis method used multiple linear regression, t test (partial), F test, and coefficient of determination test using SPSS version 22.00 for windows. The results of the multiple linear regression test obtained the equation Y = 28.84 - 0.802X1 + 0.331X2 . This value indicates that the two independent variables make a significant contribution in determining the Y variable.

Keywords


Advertising, Price, Purchase Decision.

Full Text:

PDF

References


Adriza. 2015. Membangun Citra Lembaga Perguruan Tinggi Yang Berbasis Vokasi. Yogyakarta: Grub Penerbitan Cv Budi Utama

Alrasyid.Harun,Indah.Agus.2018. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tanggerang Selatan”.Jurnal Perspektif, XV1(1), 1-11.

Andriani,Nurfatwa.2016.”Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Makassar Sulawesi Selatan”.Jurnal Economix,4(2), 71-78

Anwar, Sanusi.2014.Metodelogi Penelitian Bisnis Jakarta: Salemba Empat. Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Rineka Cipta Jakarta

Firmansyah.Anang. 2018. Perilaku Konsumen Sikap Dan Pemasaran.Yogyakarta: Grub Penerbitan Cv Budi Utama

Firmansyah.Anang.2020.Komunikasi Pemasaran.Jawa Timur: Cv Penerbit Qiara Media`

Fourqoriah Finnah, Aransyah Fikry Muhammad. 2020. Buku Ajar Pengantar Periklanan. Jawa Tengah: Lakeisha Iprice.Com diakses pada 18 februari 2021

Ichsanudin,Purnomo.Hery.2021.Analisis Gaya Hedonis Status Sosial Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merk.Jawa Barat:Cv Media Sains Indonesia

Jaiz Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu Jayanti.Dewi, Zuhri.Muhammmad.2017. “Analisis Pengaruh Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Teh Pucuk Harum Pada Konsumen De Nala Foodcourt”.Ejournal.Stiedewantara,12(1),33-46

Muhammadin Akhmad.,Dkk. 2021.Strategi Pemasaran. Penerbit Yayasan Kita Menulis

Morisan.2015.Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu.Jakarta: Prenadamedia Group

Nangoy.Cristohn,Tumbuan.Willem.2018. “The Effect Of Advertising And Sales Promotion On Consumer Buying Decision Of Indovision Tv Cable Provider”.Jurnal EMBA,6 (3), 1228-1237

Priansa.Juni Donni. 2020. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto.Danang. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran.Jakarta: CAPS(Centre Of Academic Publishing Service).

Supriyatna.Yuda. 2020.”Analisis Pengaruh Harga Desain Produk Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Produk Yamaha Mio Di Kota Cilegon”. Jurnal Sains Manajemen. 6(1),1-15.

Sitorus,Sunday.2020. “Pengaruh Harga Lokasi Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet Putri Di Kota Medan”. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2),131-142.

Sugiyono,2010, MetodePenelitian Bisnis, Bandung, Cetakan Kedelapan: CV Alvabeta.

Sugiyoyno. 2018. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Alfabeta. Bandung

Wahyuni Sri,Perdamean Jonianto. 2016. “Pengaruh Iklan Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas”. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis. 3(1), 13-30.

Winarno, Surahmad.2012. Pengantar Penelitian Sosial Dasar Metode Tehnik.

Penerbit Tarsito. Bandung.

www.topbrand-award.com, di akses pada 4 februari 2021

Wibowo.Setyo,Karimah.Maya.2012 “Pengaruh Iklan Televisi Dan Harga Terhadap Keputusan Sabun Lux (Survei Pada Pengunjung Mega Bekasi Hypermall)”.Jurnal Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 3(1), 1-15




DOI: https://doi.org/10.53695/ja.v2i3.440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

           

 

Lisensi Creative Commons


Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.