Pengaruh Return On Asset (Roa) Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambanganbatubara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Main Article Content

Rezki Zurriah

Abstract

This study aims to determine the effect of Return On Assets (ROA) and sales growth on firm value in coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange. This research is a type of associative research. The sampling technique was carried out using a purposive sampling technique. So that the sample obtained is 14 coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015 - 2019 with a total of 70 observational data for 5 years of observation. The data collection technique used is documentation with data sources using secondary data taken through the official website of the Indonesia Stock Exchange. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis with SPSS 26 software tools. The results of this study indicate that Return on Assets (ROA) has an effect and is significant on firm value. Sales growth has no effect and is not significant to firm value. Then Return On Assets (ROA) and sales growth affect the firm value simultaneously.

Article Details

Section
Articles

References

Arindita., & Sampurno (2015). Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Deviden, Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada perusahaan Wholesale dan Retail yang terdaftar di BEI pada 2008-2012). Jurnal Manajemen, (4), 2

Barus, A. C., & Leliani. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, (3)

Brigham & Ehrhardt. (2002). Financial Management, Theory and Practice. Thomson Learning.

Brigham & Houston. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat.

Chen, C. K. (2004) Research On Impacts Of Team Leadership On Team Effectiveness. The Journal of American Academy of Business, Cambridge,266-278.

Dahrani., & Maslinda, N. (2014). Analisis Pengaruh Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada Perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomikawan

Detiana, T. (2011). Pengaruh Rasio Keuangan, Pertumbuhan Penjualan dan Dividen Terhadap Harga Saham. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 13(1).

Dewi., Yunita., & Atmaja. (2014). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Lq 45 Di Bei Periode 2008-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Undiksha, 2(1)

Dhani, I. P. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Airlangga, 2(1), 135-148.

Febriyanto. (2008). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Profitabilitas, Net Profit Margin, Kinerja Masa Kini Dan Leverage Terhadap Perataan Laba (Pada Industri Food And Baverage Yang Listing Di Bursa Efek Jakarta Periode 2004-2006). Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi UNS

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Gitosudarmo & Basri. (2014). Manajemen Keuangan. BPFE.

Harahap. (2007). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. PT RajaGrafindo Persada.

Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia. Journal Lecturer at Economic Department, University of Sarjanawiyata Taman siswa Yogyakarta.

Husnan & Pudjiastuti. (2012). Manajemen Keuangan. UPP STIM YKPN.

Horne, V., & Wachowicz. (2007). Fundamentals of Financial Management, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Salemba Empat.

Jogi & Tarigan. (2007). Kepemilikan Manajerial?: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 9(1).

Juliandi, A., Irfan., & Manurung, S. (2014). Metode Penelitian Bisinis. Umsu Press.

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Kencana Prenada Media Group.

Kennedy., Azlina., & Suzana, A. R. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Real Estate and Property yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntasi

Kusumajaya, D. K. (2011). Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada perusahaan manufatur di Bursa Efek Indonesia. Universitas Udayana.

Mayogi & Fidiana. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Kebijakan Utang terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(1).

Muvidha & Suryono. (2017). Pengaruh Sturuktur Kepemilikan, Keputusan Pendanaan, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akutansi, 6(5), 1814–1835.

Oktaviani, A. D., & Masodah. (2013). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan CSR Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Universitas Gunadarma.

Prastowo, D. (2011). Analisa Laporan Keuangan dan Aplikasi. UPP STIM YKPN.

Safrida, E. (2008). Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Universitas Sumatera Utara.

Salempang, L. E., Sondakh, J., & Pusung, R. (2016). Pengaruh Return On Asset, Debt to Equity Ratio dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Real Estate dan Properti yang Terdaftar di BEI Tahun 2013 – 2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisien,16(3), 813-824

Salvatore, D. (2005). Ekonomi Manajerial. Salemba Empat.

Sari, D. V. (2013) Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Asset, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sartono, A. (2011). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sharon., Murni., & Trang. (2015). Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tercatat Di Indeks Lq 45. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1)

Sudana. (2009). Manajemen Keuangan?:Teori dan Praktek. Airlangga University.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). CV Alfabeta.

Sujoko & Soebiantoro. (2007). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Interen dan Faktor Eksteren terhadap Nilai Perusahan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(1).

Suwardika, I. N. A., & Mustanda I. K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen, 6(3).

Swastha, B., & Handoko, H. (2001). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Ulupui. (2007). Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas, dan Profitabilitas terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Jakarta). Jurnal Akuntansi dan Bisnis

Wulandari, D. R. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Operating Leverage, Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal sebagai Intervening. Accounting Analysis Journal, 2 (4).