FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TAMU DALAM PEMILIHAN HOTEL SYARIAH PADA HOTEL NATAMA SYARIAH

Main Article Content

Reza Syahputra Ginting
Alfi Amalia

Abstract

 This study uses a quantitative approach. The population is 2,123 customers or guests of the 2021 Natama Syariah hotel and the sample used is 95 respondents, namely customers or guests of the Padangsidempuan Natama Syariah hotel. The data source used in this study is primary data obtained by distributing questionnaires to respondents. Data analysis techniques in this study were data quality tests, classic assumption tests, multiple linear regression analysis and hypothesis testing which was carried out using SPSS version 25 software. The results of location research and the application of Islamic ethics influenced the choice of sharia hotels at Hotel Natama Syariah Padang Sidempuan . With good service quality, easy-to-reach and strategic location with city facilities, customers will increase at the hotel. Facilities and prices do not affect the selection of sharia hotels at Hotel Natama Syariah Padang Sidempuan. So that the price strategy in competition does not affect the selection of sharia hotels and good facilities do not necessarily attract interest in choosing these sharia hotels. The factors in choosing a sharia hotel (quality of service, facilities, location, price and application of Islamic ethics) have a joint effect on the choice of Hotel Natama Syariah Padang Sidempuan.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Qur’an

Abdul Aziz, (2013), Etika Bisnis Presfektif Islam, Bandung: Afabeta

Agus Riyanto, (2011), Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan, Yogyakarta:

Medika

Arikunto, (2016), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka

Cipta

Badroen, Suhendra, Mufraeni, dan Bashori (2006), Etika Bisnis Dalam Islam

Cetakan kesatu, Jakarta: Kencana

Dimyati, 2013, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Fandi Tjiptono, (2019), Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan, Edisi 1, Jilid 12,

Yogyakarta: Andi

Fandi Tjiptono, (2014), Service, Quality & Satisfaction Edisi 3, Yogyakarta:

Penerbit Andi

Fandi Tiptono, (2015), Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi Offset

Hermawan Kartajaya, (2010), Brand Operation The Official MIM Academi

Course Book, Jakarta: Esensi Elangga Group

Husein Umar, (2014), Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada

Kottler dan Keller, (2012), Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edidsi ke 12, Jakarta:

Erlangga

Kottler, K, (2009), Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13, Jakarta: Erlangga

Philip Kotler dan Gray Amstrong, (2013), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke

, Jakarta: Erlangga

Philip Kotler dan Gray Amstrong, (2012), Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke

, Jakarta: Erlangga

Puguh Suharso, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Bisnis: Pendekatan

Filosofi dan Praktis, Jakarta: PT. Indeks

Sugiono, (2016), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: PT.

Alfabet

Sugiono, (2012), Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Alfabeta

Suracman, (2008), Dasar-Dasar Manajemen Merek, Edisi Pertama, Malang:

Ayunedia Publishing

Yuswohadi, (2014), Matketing Of The Middle Class Muslim, Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama

Agung Rizky Nugroho, (2020), Pengaruh Fasilitas Program Kesehatan dan

Keselamatan Kerja (K3) dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja

Karyawan di PT. Cipta Krida Bahari Cilegon

Citra Apriyanti dan Nur Rahmah, (2022), Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam

Meningkatkan pada PT. Altic Houseware, Jurnal: Ekonomi Islam, UMSU

Eka Puspita, (2014), Pengaruh Hotel Syariah Terhadap Image Buruk Dikalangan

Masyarakat Mengenai Hotel Konvensional, Skripsi Perbankan Syariah,

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Dahrani dan Aulia Syahfitri, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap

Kepuasan Pwlanggan Online Shop Ditinjau dari Prespektif Islam pada

Home Industri Queennacolection, Jurnal: Sosial Ekonomi, UMSU

Hafiza Khairani Indra, (2020), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan

Tamu Hotel Dalam Menginap di Hotel Syariah Indriani Pekanbaru,

Skripsi: Manajemen Ekonomi, Universitas Isalam Riau Pekanbaru

Mentiana Indasari, (2019)

Mira Yuniar dan Dahrani, (2022), Analisis Pengaruha E-Ticketing Terhadap

Pendapatan Hotel Grand Darussalam Syariah, Jurnal: Ekonomi Islam,

UMSU

Muhammad Khairul Rizal, (2020), Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan

Preferensi Masyarakat Muslim Kota Medan Terhadap Hotel Syariah,

Tesis: Ekonomi Syariah, UINSU

Mutiah Khaira, Uswah Hasanah dan Haris Al Amin, (2018), Pengaruh Religi dan

Harga Terhadap Permintaan Perumahan Syariah di Kota Meda, Juenal:

Ekonomi dan Bisnis, UMSU

N Rahadi dan R. Wilasiah, (2018), Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Preferensi Konsumen Terhadap Hotel Syariah, Jurnal: Ekonomi Islam

Rositawati, (2016), Analisis Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna PT. Rosalia Indah Transport, Jurnal: Ekonomi dan Kewirausahaan

Siti Yuni dan Agung Guritno, (2022), Faktor Keputusan Pelanggan Dalam

Pemilihan Hotel Syariah, Jurnal: Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Salatiga

Surahmi, (2016), Konsep Hotel Syariah Dalam Presfektif Islam, Skripsi: Ekonomi

dan Bisnis, IAIN Bengkul

Ulfa Rabbina, (2018), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam

Memilih Hotel Syariah, Skripsi: Ilmu Ekonomi, Universitas Brawijaya

Malang

Widiyanti, (2013), Pengelolaan Hotel Syariah di Yogyakarta, Skripsi: Syariah dan

Hukum UIN Sunan Kalijaga