Abstract
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diseleggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). memiliki tujuan membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah-sekolah di daerah yang membutuhkan bantuan dalam hal literasi dan numerasi. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran dari program Kampus Mengajar Angkatan 7 adalah SD Muhammadiyah Semingin yang dimulai dari tanggal 26 Februari 2024 – 14 Juni 2024. Metode yang digunakan yaitu melalui pendekatakan kualitatif dan partisipatif dengan pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil akhir dari implementasi program kerja mahasiswa Kampus Mengajar selama kurang lebih empat bulan masa pengugasan secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa, dapat dilihat dari perkembangan kemampuan, minat, serta motivasi belajar dari setiap individu siswa. Adapun program kerja literasi dan numerasi yaitu pada program kerja literasi mencangkup Pustaka ceria, mading, pohon literai, kata-kata baruku, pendampingan membaca permulaan, membaca nyaring, festival literasi dan numerasi. Sedangkan untuk program kerja numerasi mencangkup ular tangga numerasi dan teka-teki silang operasi hitung.References
Ainia, D. K. (2021). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Hakim, F., Fitriani, Lumme, E. I., Rasnida, S, N. A., & Lestari, P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Di SMPN 8 Satap Majene Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal interaktif, 3(1), 47-54. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/jiwpp/article/view/85/78
Khairani, S., Mardiati, Tamsil, I. S., & Tamsar, P. M. (2013). Kontribusi Mahasiswa Kampus Mengajar 6 Dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasisdn 101970 Sei Karang. Communnity Development Journal, 4(6), 12634-12642. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22977/16406
Mardaweni, R. (2023). Pendampingan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa di SD Negeri Sodong Ii. urnal Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Teknologi, 3(1), 19-26. https://dimastek.sttbandung.ac.id/index.php/dimastekjurnal_sttb/article/view/33/24
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.
Peningkatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar. (2021, October 27). Direktorat Sekolah Dasar. Retrieved June 24, 2024, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/peningkatan-literasi-dan-numerasi-melalui-program-kampus-mengajar
Prayudi, A., Rianinngsih, E., Wati, E. D. S., Juhaerini, Marlina, L., & Jumrianti. (2024). Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di SDN Sarita Kabupaten Bima. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(3), 80-86. https://ejournal.jurnalpengabdiansosial.com/index.php/jps/article/view/31/30
Sobur, M. F., Fatonah, U., & Syarifuddin. (2023). Program Kampus Mengajar Sebagai Upaya Meningkatan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi di SDN Cinangka 01. Proceeding SEMNAS-TP (Seminar Nasional Teknologi Pendidikan), 3(1), 132-140.
Tim Penyusun. (2023). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata. Yogyakarta: Unit Layanan KKN-PK.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)