Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Sains Menggunakan PhET Simulation di SMP AL-Farabi

Authors

  • Sinta Siagian Politeknik Negeri Medan
  • Rischa Devita Program Studi Teknik Listrik
  • Lamtiur Sinambela Program Studi Teknik Komputer dan Informatika
  • Suci Khairan Program Studi Teknologi Rekayasa perangkat lunak
  • Abdullah Program Studi Teknik Listrik, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Medan
  • , Ferdinan Rinaldo Tampubolon Program Studi Teknik Komputer dan Informatika

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v4i1.775

Keywords:

PhET Simulasi, Media Pembelajaran, Sains

Abstract

Program pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pendidik dan peserta didik tentang teknologi. Para pendidik diharapkan mampu membangun pembelajaran sains menjadi lebih efektif dan inovatif. Adapun teknologi yang diperkenalkan adalah aplikasi PhET simulasi. Metode yang digunakan demi tercapainya tujuan kegiatan pengabdian ini adalah Observasi peserta pelatihan terkait pengetahuan awal tentang aplikasi tersebut dengan cara memberikan pertanyaan awal tentang simulasi. Kemudian dilaksanakan dengan cara memberikan pemahaman dasar tentang aplikasi PhET Simulasi, lalu dilanjutkan dengan implementasi aplikasi tersebut pada pembelajaran sains dengan cara demonstrasi. Hasil pretest 33 siswa tidak pernah mendengar aplikasi PhET Simulasi dan juga menggunakannya. berkaitan dengan alat peraga, siswa-siswi yang menjadi sampel dalam pelaksanaan pengabdian juga belum pernah menggunakannya. selain itu mengenai pemahaman tentang menentukan luas kubus sebanyak 55% siswa masih menjawab salah, dan 61% menjawab salah tentang proses pencernaan, tetapi dalam materi kemagnetan hanya 18% saja yang menjawab salah. setelah dilaksanakannya sosialisai dan pelatihan serta penyampaian materi dengan menggunakan simulasi PhET dan alat peraga ditemukan terjadi peningkatan, di awal siswa-siswi menjawab tidak pernah mendengar maka berubah menjadi pernah mendengar, dan tentang luas kubus seluruh siswa sudah bisa menjawab soal-soal tersebut sebanyak 45%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dapodikbud. sekolah data kemdikbud. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

data.sekolah. (2021). SMP Terpadu AL-FARABI. https://data.sekolah-kita.net/sekolah/SMP%20TERPADU%20AL-FARABI_235147

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19-25.

Lamanepa, G. H., Begu, P. O., Ki’i, O. A., & Pasaribu, R. (2020). Simulasi Aplikasi Interaktif PhET Bagi Siswa SMA Plus Nusa Timor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 642-645.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran: Deepublish.

Additional Files

Published

2023-02-14

How to Cite

Siagian, S., Rischa Devita, Lamtiur Sinambela, Suci Khairan, Abdullah, & , Ferdinan Rinaldo Tampubolon. (2023). Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Sains Menggunakan PhET Simulation di SMP AL-Farabi. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 17–28. https://doi.org/10.53695/jas.v4i1.775

Issue

Section

Articles