Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Sains Menggunakan PhET Simulation di SMP AL-Farabi
DOI:
https://doi.org/10.53695/jas.v4i1.775Keywords:
PhET Simulasi, Media Pembelajaran, SainsAbstract
Program pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pendidik dan peserta didik tentang teknologi. Para pendidik diharapkan mampu membangun pembelajaran sains menjadi lebih efektif dan inovatif. Adapun teknologi yang diperkenalkan adalah aplikasi PhET simulasi. Metode yang digunakan demi tercapainya tujuan kegiatan pengabdian ini adalah Observasi peserta pelatihan terkait pengetahuan awal tentang aplikasi tersebut dengan cara memberikan pertanyaan awal tentang simulasi. Kemudian dilaksanakan dengan cara memberikan pemahaman dasar tentang aplikasi PhET Simulasi, lalu dilanjutkan dengan implementasi aplikasi tersebut pada pembelajaran sains dengan cara demonstrasi. Hasil pretest 33 siswa tidak pernah mendengar aplikasi PhET Simulasi dan juga menggunakannya. berkaitan dengan alat peraga, siswa-siswi yang menjadi sampel dalam pelaksanaan pengabdian juga belum pernah menggunakannya. selain itu mengenai pemahaman tentang menentukan luas kubus sebanyak 55% siswa masih menjawab salah, dan 61% menjawab salah tentang proses pencernaan, tetapi dalam materi kemagnetan hanya 18% saja yang menjawab salah. setelah dilaksanakannya sosialisai dan pelatihan serta penyampaian materi dengan menggunakan simulasi PhET dan alat peraga ditemukan terjadi peningkatan, di awal siswa-siswi menjawab tidak pernah mendengar maka berubah menjadi pernah mendengar, dan tentang luas kubus seluruh siswa sudah bisa menjawab soal-soal tersebut sebanyak 45%Downloads
References
Dapodikbud. sekolah data kemdikbud. https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/
data.sekolah. (2021). SMP Terpadu AL-FARABI. https://data.sekolah-kita.net/sekolah/SMP%20TERPADU%20AL-FARABI_235147
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19-25.
Lamanepa, G. H., Begu, P. O., Ki’i, O. A., & Pasaribu, R. (2020). Simulasi Aplikasi Interaktif PhET Bagi Siswa SMA Plus Nusa Timor. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 642-645.
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran: Deepublish.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.