Pelatihan Laporan Keuangan Sederhana dan Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Laba Pada UMKM di Binjai Estate

Authors

  • Yusneni Afrita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Yoga Alamsyah Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mahmuddinsyah Lubis Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v4i3.974

Keywords:

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM); Laporan Keuangan; Digital Marketing; Penjualan

Abstract

Kurangnya pemahaman para pelaku UMKM di Binjai Estate mengenai cara pembuatan laporan keuangan sehingga mempengengaruhi kelangsungan usaha para UMKM, kesalahan dalam menentukan besarnya harga pokok penjualan mengakibatkan kesalahan dalam menentukan besarnya harga jual, sehingga mengakibatkan para UMKM kesulitan dalam meningkatkan daya saing yang nantinya akan mempengaruhi tingkat penjualan dan laba para UMKM. Dalam hal meningkatkan laba perusahaan digital marketing pada saat ini memiliki pengaruh yang cukup penting, sehingga pemahaman penggunaan media sosial dan online shop sebagai sarana penjualan sangat diperlukan. UMKM di Binjai Estate belum pernah melakukan promosi dan penjualan menggunakan digital marketing. Sehingga tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan penjualannya dengan memberikan pelatihan mengenai laporan keuangan sederhana dan mempromosikan dagangannya melalui sosial media dan onlie shop sehingga nantinya dapat meningkatkan penjualan UMKM. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah UMKM Bandrek Jahe Merah sudah dapat menerapkan sistem laporan keuangan sederhana dan menerapkan digital marketing melalui aplikasi tiktok, Instagram dan tokopedia.

References

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Handayani, R. (2020). Sosialisasi Perhitungan Harga Pokok Penjualan dan Harga. 6(1), 1–8.

Juita, V. (2016). Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Sektor Jasa Perdagangan Di Padang, Sumatera Barat. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 9(1), 120–139. https://doi.org/10.35448/jrat.v9i1.4291

Rahmat, J., & Suryakancana. (2016). Masalah yang dihadapi Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Kajian dan Riset Manajemen Profesional, 2(6), 15–34.

Sembiring, Y., & Elisabeth, D. M. (2018). Penerapan Sistem Akuntansi Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Manajemen, 4(2), 89–101. Diambil dari https://e-resources.perpusnas.go.id:2089/id/publications/271129/penerapan-sistem-akuntansi-pada-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-kabupaten-toba

Additional Files

Published

2023-10-31

How to Cite

Afrita, Y. ., Yoga Alamsyah Putra, & Mahmuddinsyah Lubis. (2023). Pelatihan Laporan Keuangan Sederhana dan Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Laba Pada UMKM di Binjai Estate. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(3), 66–73. https://doi.org/10.53695/jas.v4i3.974

Issue

Section

Articles