PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS KETERAMPILAN HIDUP (LIFE SKILLS

Irfan Irfan

Abstract


Kenyataan yang terjadi di lingkungan pendidikan tinggi, sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan. Siswa memiliki kesulitan untuk memahami konsep akademik sebagaimana mereka biasa diajarkan, yaitu menggunakan sesuatu yang abstrak dan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi lulusan yang dibutuhkan oleh pasar kerja terutama yang berkaitan dengan materi pembelajaran akuntansi keuangan. Kemudian menyusun rancangan model pembelajaran akuntansi keuangan berbasis kecakapan hidup dikembangkan dalam bentuk modul.  Hasil penelitian ditemukan 4 jenis keterampilan yng dibutuhkan pasar kerja dalam bidang akuntansi keuangan yaitu tentang: (1) akuntansi kas, (2) akuntansi piutang, (3) akuntansi persediaan dan (4) akuntansi aktiva tetap.  Sedangkan 2 jenis keterampilan yang selama ini diajarkan yaitu tentang akuntansi investasi jangka pendek dan akuntansi investasi jangka panjang menurut responden jarang dilakukan di perusahaan. Mereka beralasan akuntansi investasi tersebut banyak dilakukan di kantor pusat dan alasan lain instrument untuk transaksi investasi kurang memadai.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Keterampilan Hidup (Life Skills)


Keywords


Model Pembelajaran, Keterampilan Hidup (Life Skills)

Full Text:

PDF

References


Blanchard, Allan. (2001) Contextual Teaching and Learning, B.E.S.T, New Jersey.

Blank. W. E. (2002). Handbook for Developing Competency Based Traning Programs. Englewood Cliffs-Prentice Hall, New Jersey.

Dahlan, M, D. (2004). Model-model Mengajar. Diponegoro, Bandung.

Depdiknas, Tim BBE. (2002). Kecakapan Hidup Melalui Pendekatan Pendidikan Luas. Syrabata intellectual Club (SIC), Surabaya

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian.

Depdiknas. (2007). Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum-Depdiknas, Jakarta.

Dick, W., & Carey, L. (2000). The Systematic Design of Instruction. Foresman and Company, Palo Alto, CA - Scott.

Finch, D. R., & Crunkilton. Jr. (1999). Curriculum Development in Vocational and Technical Education: Planning, content, and Implementation. Allyn and Company Inc., Boston.

Hasibuan, Muhammad Rizal (2002). Persepsi Dosen Dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Sumatera Utara Terhadap Kurikulum Baru Fakultas Ekonomi (Rekayasa Kurikulum Jurusan Akuntansi Berdasarkan Swat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/ 2000 ). Proposal penelitian Lembaga Penelitian dan pengabdian UNIMED.

--------- (2000). Persepsi Dosen Dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Makalah hasil penelitian, UMSU Press, Medan.

Irfan (2006). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Mahasiswa Akuntansi pada Perdosenan Tinggi di Kota Medan. Laporan Penelitian Dosen Muda DP2M-Dikti.

Irfan (2007). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Perbanka. Laporan Penelitian Teaching Grant TPDSP-P3AI-Dikti-UMSU..

Joice,B dan Weil, M. (2004). Models of Teaching. Engelowoods Clifts, New Jersey.

Tim PEKERTI-AA PPSP LPP (2007). Panduan Penyusunan Silabus dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran. Pusat Pengembangan Sistem Pembelajaran Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Romizowski (2003). Designing Instructional System. Kogan Page Ltd., London.

Sibuea, A M. (1994). Pengajaran Praktek Teknik Listrik dan Analisis Efisiensi: Suatu Penelitian di STM Negeri Medan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, Vol. 1 No. 1.

Slamet PH. (2002). Pendidikan Kecakapan Hidup: Konsep Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 037, Tahun Ke-8.

Sulastiningsih dan priyastiwi (1997). Identifikasi Teknik-Teknik Akuntansi Manajemen yang Digunakan oleh Manajer pada Perusahan-Perusahaan Manufaktur di Daerah Yogyakarta. Proseding Simposium Nasional Akuntansi I

Torshen, K P. (2007). The Mastery Approach to Competency Based Education. Academic Press, Newyork.




DOI: https://doi.org/10.53695/js.v1i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.