PELINDUNGAN KONSUMEN DI BIDANG SISTEM PEMBAYARAN DALAM PANDANGAN SOSIOLOGI HUKUM
Main Article Content
Abstract
Inovasi pada produk keuangan digital memberikan manfaat berupa aksesibilitas dan inklusifitas yang lebih luas, namun sekaligus memunculkan berbagai jenis risiko baru bagi konsumen seperti keamanan siber hingga penyalahgunaan data. Penggunaan teknologi dan data berperan penting dalam mendukung implementasi elemen-elemen pelindungan konsumen, sehingga diperlukan kesiapan pada aspek infrastruktur, proses bisnis, dan sumber daya manusia. Kolaborasi antara regulator, pelaku bisnis, dan penegak hukum yang berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan dalam melindungi konsumen jasa layanan keuangan digital dan turut menciptakan stabilitas sistem keuangan. Dalam era digital yang terus berkembang pesat, praktik pasar, pelindungan konsumen, dan privasi data menjadi fokus utama dalam menjaga integritas dan kepercayaan publik. Penyelenggaraan aktivitas ekonomi dalam konteks ini tidak hanya memerlukan pemahaman mendalam mengenai dinamika pasar, tetapi juga penegakan norma-norma etika dan hukum yang berlaku.
Article Details
Section
Articles