PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LIFE SKILL EDISI MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA MAHASISWA
Main Article Content
Abstract
Abstract : The main problem addressed in this study was the low ability of students' life skills, particularly in problem-solving skills. This study aimed to develop media in the form of a guidebook as reading and learning material to improve students' problem-solving skills. This study employed a research and development method (Research and Development) with the ADDIE. However, this study was limited to stage 3 of Development. The result of the study was a product in the form of a Student Life Skill Guidebook, Problem-Solving Edition. The feasibility of the guidebook was validated by a team of experts consisting of guidance and counseling experts (62.5%), media experts (75%), Indonesian language experts (91.6%), and users (81.75%). The data analysis technique used was quantitative-descriptive analysis using a Likert scale. Based on the recapitulation results of all validations, this guidebook obtained an average score of 77.7% and was declared very feasible. Thus, this book can be used as a supporting medium in independent learning, guidance, and counseling services to improve students' problem-solving skills.
Keywords: Guidebook; Life Skill; Problem Solving
Abstrak : Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan life skill mahasiswa, khususnya dalam keterampilan problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa buku panduan yang dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan pembelajaran guna meningkatkan keterampilan problem solving mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ke (3), yaitu Development. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa Buku Panduan Life Skill Mahasiswa Edisi Problem Solving. Untuk menguji kelayakan buku panduan tersebut, dilakukan validasi oleh tim ahli yang terdiri dari: ahli bimbingan dan konseling (62,5%), ahli media (75%), ahli bahasa Indonesia (91,6%), serta pengguna (81,75%). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari seluruh validasi, buku panduan ini memperoleh skor rata-rata 77,7% dan dinyatakan sangat layak. Dengan demikian, buku ini dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran mandiri dan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan problem solving mahasiswa.
Kata Kunci : Buku Panduan; Life Skill; Problem Solving
Keywords: Guidebook; Life Skill; Problem Solving
Abstrak : Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan life skill mahasiswa, khususnya dalam keterampilan problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa buku panduan yang dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan pembelajaran guna meningkatkan keterampilan problem solving mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Namun, penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ke (3), yaitu Development. Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa Buku Panduan Life Skill Mahasiswa Edisi Problem Solving. Untuk menguji kelayakan buku panduan tersebut, dilakukan validasi oleh tim ahli yang terdiri dari: ahli bimbingan dan konseling (62,5%), ahli media (75%), ahli bahasa Indonesia (91,6%), serta pengguna (81,75%). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil rekapitulasi dari seluruh validasi, buku panduan ini memperoleh skor rata-rata 77,7% dan dinyatakan sangat layak. Dengan demikian, buku ini dapat digunakan sebagai media pendukung dalam pembelajaran mandiri dan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan problem solving mahasiswa.
Kata Kunci : Buku Panduan; Life Skill; Problem Solving
Article Details
Section
Articles