EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENERIMAAN DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SUWAWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kleompok dengan pendekatan Person-Centered dalam meningkatkan penerimaan diri siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa. Observasi awal menunjukan rendahnya penerimaan diri yang ditandai rasa tidak percaya diri, kesulitan berbicara di depan umum, membandingkan diri secra negatif, dan menghindari tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukan peningkatan skor rata-rata dari 87,80 (Pre-test) menjadi 128,60 (Post-test). Uji-t menunjukan thitung=-10,812 > ttabel= 2,353 dan sig = 0,000 < ? = 0,05. Gain Score sebesar 0.69 menunjukan efektivitas tinggi. Konseling kelompok terbukti efektif pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Suwawa.
Article Details
Section
Articles