ANALISIS BEP DAN MOS UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL PADA UMKM CICI COFFEE
Main Article Content
Abstract
UMKM memiliki peranan krusial dalam ekonomi Indonesia, tetapi banyak yang belum mengoptimalkan analisis finansial, terutama dalam menentukan harga jual. Penelitian ini mengevaluasi kalkulasi Break Even Point (BEP), Margin of Safety (MOS), dan Contribution Margin Ratio (CMR) sebagai dasar strategi penentuan harga pada UMKM Cici Coffee yang berlokasi di Medan. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, data diambil dari laporan keuangan Triwulan I tahun 2025.Temuan menunjukkan bahwa pendapatan dari bulan Januari dan Maret melebihi BEP, sementara bulan Februari mengalami kerugian. Rata-rata Margin of Safety tercatat rendah, yakni Rp 842.271, dengan CMR yang aktual hanya 18%, jauh dari target ideal yang seharusnya 40% Terdapat potensi keuntungan yang belum terealisasi sebesar Rp13.519.605. Diperlukan peninjauan terhadap harga jual, penghematan biaya, serta penerapan rutin analisis BEP, MOS, dan CMR untuk meningkatkan tingkat keuntungan.
Article Details
Section
Articles