PERAN UJI KOMPETENSI WARTAWAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME WARTAWAN ANGGOTA SERIKAT MEDIA SIBER INDONESIA PROVINSI SUMATERA UTARA

Muhammad Isya, Rahmanita Ginting, Arifin Saleh

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena profesi atau pekerjaan wartawan yang tidak terlepas dari kepentingan publik karena wartawan adalah komunikator terdepan dari media yang berfungsi sebagai sosial kontrol sekaligus komunikan dan saksi sejarah, penegak kebenaran dan keadilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran uji kompetensi wartawan dalam meningkatkan profesionalisme wartawan anggota Serikat Media Siber Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Peran uji kompetensi wartawan bagi anggota Serikat Media Siber Indonesia sangat strategis dalam menegakkan profesionalisme. Teori yang digunakan adalah Uji Kompetensi Wartawan, Profesionalisme Wartawan, dan Media Siber/Online. Metode penelitian yang digunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini diperoleh enam informan masing-masing angkatan wartawan, yaitu wartawan angkatan muda, madya dan utama yang telah dinyatakan berkompeten atau lulus dalam uji kompetensi wartawan. Hasil pengumpulan data melalui wawancara peneliti menyimpulkan bahwa uji kompetensi wartawan anggota Serikat Media Siber Indonesia Provisi SumateraUtara belum cukup signifikan dalam upaya meningkatkan profesionalismenya. Karena,lima kriteria dalam kategorisasi penelitian ini yang terkait dengan profesionalisme, ada satu poin atau kriteria yang belum optimal terpenuhi, sebagaimana yang diungkap informan dalam penelitian ini, yaitu gaji/penghasilan wartawan masih di bawah standar, bahkan masih ada wartawan yang tidak menerima gaji secara rutin dari perusahaan media tempatnya bekerja.

Keywords


Uji Kompetensi Wartawan, Profesionalisme Wartawan, Serikat Media Siber Indonesia, Provinsi Sumatera Utara.

Full Text:

PDF

References


Ansara, Herawati. 2015. Keakuratan Berita di Media Online Yang Dipertanyakan. Platform Blog of Kompasiana.com.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka: Jakarta.

Biagi, Shirley. (2010). Media/Impact Pengantar Media Massa. (Edisi 9). Salemba Humanika: Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Pujileksono, Sugeng. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Kelompok Intrans Publishing: Malang.

Redaksi, 4WD. (2017). Sejarah Berdirinya Serikat Media Siber Indonesia. Seputarbabel.com.

Redaksi. AIK. (2020). Resmi Jadi Konstituen Dewan Pers, SMSI akan Perluas Jaringan. news.detik.com.

Redaksi. BTM. (2020). Bupati Deliserdang Wajib Tau Ini, Dua Oknum Wartawan Diintimidasi Pegawai DPMD. Ini Kronologinya. Lintas10.com.

Sunaryo, Adi. (2019). UKW Jadi Tolak Ukur Wartawan Berkompeten. Lampost.co.




DOI: https://doi.org/10.53695/js.v1i1.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.