PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Main Article Content

Oktorianus Harefa

Abstract

Upaya guru dalam  meningkatkan hasil belajar siswa ada banyak cara. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yang bertujuan membantu siswa untuk bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil sehingga lebih aktif, kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian: (1) Menghitung rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation; (2) Menghitung rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran konvensional; (3) Membuktikan ada tidaknya pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA.Hasil penelitian: (1) Rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada kelas Eksperimen adalah 84,47 yakni tergolong baik; (2) Rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol adalah 67,56 yakni tergolong cukup; (3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung = 19,549 dan ttabel = 1,9905. Karena t = 19,549 tidak terletak pada interval maka tolak Ho dan terima Ha. Jadi, hipotesis berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar IPA SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2017/2018”.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Nasution, S., 1995. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Purwato, Ngalim, 1990, Spikologi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina.2006 Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina 2007, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Slameto, 2010, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta,

Sukardi, 2003, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara

Sumarni, Sri, 2012, Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Insan Madani

Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Kencana Prenada Media Group, Jakarta