MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI

Main Article Content

Yamoarota Zebua

Abstract

Metode resitasi adalah suatu cara yang menyajikan bahan pelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa untuk dipelajari yang kemudian dipertanggungjawabkan di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran Resitasidalam mata pelajaran IPA di kelas VII-G SMP Negeri 1 Gunungsitoli(2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Resitasimata pelajaran IPA di kelas VII-G SMP Negeri 1Gunungsitoli. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gunungsitolidengan subjek penelitian siswa kelas VII-G semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) lembar observasi untuk siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran (2) lembar observasi untuk siswa yang aktif dalam proses pembelajaran (3) lembar observasi dalam proses pembelajaran responden guru. (4) Tes hasil belajar, (5) Foto dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: (1) Proses pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran Resitasi di kelas VII-G SMP Negeri 1  Gunungsitolipada mata pelajaran IPAterperbaiki dimana rata-rata hasil refleksi pada akhir siklus mencapai 86,2 %  (2) Hasil belajar siswa meningkat dengan penerapan metode pembelajaran Resitasi di kelas VII-G SMP Negeri 1 Gunungsitoli pada mata pelajara IPAdimana pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa mencapai 79,32 dengan persentase ketuntasan 88%.

Article Details

Section
Articles

References

Dimyati, Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Rinek Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana, 2002, Metode Statistika, Tarsito, Bandung

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan, Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Suprijono, Agus, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Sanjaya, Wina.(2009).Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto.(2010).Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, 2008, Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winkel, 1987, Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, PT. Gramedia, Jakarta.

Karli, Hilda, dkk., 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Generasi Info Media, Bandung.