Pengaruh Kualitas Produk, Selera Konsumen, Citra Merek, Cita Rasa, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rajo Seblak Siteba Melalui Selera Konsumen Dan Cita Rasa Sebagai Variabel Intervening

Main Article Content

Aulia Febriyanti Bahri
Jolianis Jolianis
Citra Ramayani

Abstract

This research aims to analyze (1) the effect of product quality on consumer tastes, (2) the effect of brand image on cunsumer tastes, (3) the effect of price on customer tastes, (4) the effect of product quality on savor, (5) the effect of consumer tastes on savor, (6) the effect of brand image on savor, (7) the effect of price on savor, (8) the effect of product quality on purchasing decisions, (9) the effect of consumer tastes on purchasing decisions, (10) the effect of brand image on purchasing decisions, (11) the effect of savor on purchasing decisions, (12) the effect of price on purchasing decisions. The time of this research is in July 2024.  This type of research is descriptive and associative research. The population in this study is consumers who make purchases at Rajo Seblak Siteba. The sample amounted to 120 people with a sampling technique in the form of purposive sampling. The research instrument used in this study is a closed questionnaire (questionnaire) with path analysis testing. The data analysis techniques used are descriptive analysis techniques and inductive analysis techniques, with the help of the Eviews 10 and SPSS version 18 programs.  

Article Details

Section
Articles

References

Agus, Irianto. 2010. Statistika Konsep Dasar, Aplikasi, Pengembangannya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Amalia, Nur. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan).” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis 6(2): 96–104.

Ansofino. 2016. Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta: Deepublish.

Anwari, Saddam Pandji. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Oppo F9.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 8(6): 1–17.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Retry. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul 7(4): 409.

Dilasari, Eka Mei, Gea Yosita, and Vicky F Sanjaya. 2022. “Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung.” Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam 3(1): 25–42.

Dwi, Lisa, and Ugy Soebiantoro. 2022. “Pengaruh Cita Rasa Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Ayam Yamin Gubeng Kertajaya Surabaya.” Jurnal Manajemen 12(1): 1–10.

Ghozali, I. 2011. “F.Pdf.” In Aplikasi Analisis Multivarian Dengan Program IBM SPPS 21 Edisi 7, Semarang.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. 2nd ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

———. 2011. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunarsih, Cindy Magdalena, and Lucky F Tamengkel. 2021. “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.” 2(1): 69–72.

Hafid, Abdul. 2022. “Pengaruh Cita Rasa, Harga Dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Ringan Di Keluarahan Sudian Raya Kota Makassar.” 1(2): 1–9.

Herman Djaya, Moh. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan HPembelian.” Abhakte Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(2): 16–24.

Kartika, Erawati. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Serta Kepercayaan Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shoope Di Semarang.” 2(1): 73–82.

Kutlu, Tu?ba. 2023. “Analisis Pengaruh Harga, Pendapatan, Selera Konsumen, Dan Pendidikan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Olahan Singkong.” 4(1): 88–100.

Maharani, Susana. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut.” IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN 2(1): 10–22.

Melpiana, Evi, and Ajat Sudrajat. 2022. “Analisis Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Beauty.” x(x): 106–18.

Miati, Iis. 2020. “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi Pada Konsumen Gea Fashion Banjar).” Abiwara?: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis 1(2): 71–83.

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7(1): 43–53.

Ningtias, Sri Ayu et al. 2022. “Pengaruh Selera Konsumen Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Cat Nippon Pada Toko Era Bangunan.” 5(2): 72–84.

Nugroho, Alfian. 2017. “Citra Merek, Atribut Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 6(September): 1–15.

Nurcahyani and Soejarminto. 2023. “Pengaruh Cita Rasa, Harga Produk Dan Promosi Penjualan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa Di Cikarang Selatan.” Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis 5: 1090–95.

Oktafiani, et al. 2021. “Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pakaian Distro ARJ88 Store Kota Mataram.” Unram Management Review 1(1): 10–21.

Onsardi, Resky. Dwito. 2022. “Pengaruh Cita Rasa, Desain Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Gelas Ale-Ale (1)(2).” 3(1): 38–48.

Prilano, Kelvin, and Andriasan Sudarso. 2020. “Pengaruh Harga, Keamanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada.” 1(1): 1–10.

Produk, Pengaruh Kualitas, Inovasi Produk Dan, and Diah Ernawati. 2019. “Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk.” 7: 17–32.

Puspitasari, Febri Widya. 2023. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Solo.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 2(1): 110–27.

Putri, agatha rezkhi dyanthika, and Heny Kurnianingsih. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo.” ilmu sosial 5(1): 82–90.

Rosselivia, Vania, and Sri Ekawati. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Amelia Bakery & Cake Bengkulu).” Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis (JMMIB) 5(1): 27–32. http://jurnal.imsi.or.id/index.php/jmmib/article/view/122.

Siregar, Sofyan. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpramata Mandiri.

Sri, Maria Agatha. 2022. “Maria Agatha Sri W H.” 5(2): 80–91.

Suherman, Andrew Winscott, and Charly Hongdiyanto. 2021. “Pengaruh Promosi, Cita Rasa, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Milkmo.” Performa 5(3): 233–41.

Suliyanto. 2011. Ekonomika Terapan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Suryawan, Ida Bagus Made Oka, Anak Agung Putu Agung, and Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja. 2022. “Pengaruh Selera Konsumen, Persepsi Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzi.” Jurnal EMAS 3(1): 46–54.

Tabelessy, Walter. 2021. “Pengaruh Desain Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Rumahan Buket Bunga Victoria Di Kota Ambon.” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM 2(2): 89–97.

Tulanggow, Sharen G et al. 2019. “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado.” 9(3): 35–43.

Yoeliastuti, Yoeliastuti, Evalina Darlin, and Eko Sugiyanto. 2021. “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee.” Jurnal Lentera Bisnis 10(2): 212.