Karakteristik Unjuk Kerja Pump As Turbine (PAT) Menggunakan Satu Pompa Hisap

M A Siregar, W S Damanik, A H Harahap

Abstract


Energi air hingga sekarang masih menjadi salah satu sumber energi utama yang digunakan untuk membangkitkan energi listrik agar bisa digunakan secara luas. Walaupun masih memiliki kekurangan, tetapi dampak lingkungan yang diakibatkan oleh pembangkit tenaga air relatif lebih rendah resikonya dibandingkan dengan pembangkit tenaga diesel maupun pembangkit tenaga nuklir. Pump as turbine (PAT) cocok digunakan sebagai teknologi terapan untuk memenuhi kebutuhan energi listrik terutama yang tinggal didaerah dengan banyak sungai. Penelitian pompa sebagai turbin ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik unjuk kerja pompa sebagai turbin. Alat yang digunakan dalam penelitian yaitu: pompa sebagai turbin, pompa sumber, alternator, flow meter, pipa-pipa, alat-alat ukur, dan lain-lain. Penelitian dimulai dengan merancang dan merangkai pipa-pipa untuk mengalirkan air dari bak sirkulasi ke pompa sumber, kemudian masuk ke pompa sebagai turbin dan air yang keluar dari pompa sebagai turbin dialirkan ke bak. Setelah semua terpasang dilakukan percobaan awal, kemudian baru dilakukan tahap pelaksanaan dan pengambilan data. Dalam penelitian ini data yang diambil yaitu: putaran pada poros turbin, tegangan dan arus yang dihasilkan setiap pembebanan, dan debit air yang masuk melalui flow meter ke turbin per satuan waktu yang terukur. Dari hasil penelitian didapat efisiensi tertinggi sebesar 0,0075 % pada Debit = 0,000174 m³/detik, Head = 0,224 m dan Nq = 51,25 rpm dan menghasilkan daya keluaran sebesar 2,556 Watt.

Full Text:

PDF

References


JM Chapallaz, P. Einchenberger, G. Fischer, Manual Pompa digunakan sebagai

Turbines, Vieweg, Braunschweig, 1992.

Made Suarda, Nengah Suarnadwipa dan Wayan Bandem Adnyana, Experimental

Work on Modification of Impeller Tips of Centrifugal Pump as a Turbine, Udayana University Denpasar, Bali.

Sularso, Haruo Tahara. Pompa & Kompresor, pemilihan, pemakaian, dan pemeliharaan, cetakan ketujuh, jakarta. Pradnya Paramita, 2000.

Surya Agus Pratama,. Analisa Kinerja Aliran Fluida Pada Pompa Sentrifugal Dengan Variasi Panjang Sudu Impeller. Jurnal Teknik Mesin, Medan: Program Studi Teknik Mesin, UMSU, 2017.

Teli Handayani, (2007). Prestasi Pompa Sentrifugal Dengan Impeller Tertutup Sebagai Turbin Air, Laporan Tugas Akhir, Yogyakarta: Program Studi Teknik Mesin, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Yuliani, Analisa Perbandingan Kinerja Pompa Sentrifugal Dengan Pengaturan Bukaan Katup, Jurnal Sainstek STT Pekan baru, Vol 5, No 2, 2017.




DOI: https://doi.org/10.53695/jm.v2i1.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.