Kajian Penataan Jalur Pedestarian Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan Sebagai Akses Utama Kampus UMSU

Zulkifli Siregar

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk membuat suatu kajian terhadap penataan jalur pedestrian di jalan Kapten Muktar Basri Medan secara kualitatif dengan berlandaskan pada teori “urban design” (perancangan kawasan). Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang mengakibatkan terjadinya penurunan fungsi jalur pedestrian pada kawasan jalan Kapten Mukhtar Basri Medan sebagai akses utama menuju kampus UMSU. Melalui penelitian ini dihasilkan suatu konsep penataan jalur pedestrian yang aman dan nyaman bagi pejalan kaki yang berada di kawasan jalan Kapten Mukhtar Basri Medan ditinjau dari penggunaan dimensi jalur pedestrian, pemilihan jenis material dan kelengkapan elemen street furniture (perabot jalan). Data primer yang dibutuhkan bagi penelitian ini adalah kondisi existing dari jalan Kapten Mukhtar Basri Medan berupa peta tata guna lahan kawasan penelitian, dimensi ruas jalan beserta elemen pendukungnya dan data yang berkenaan dengan jumlah pengguna jalan berdasarkan aktivitasnya. Data existing kawasan penelitian digambarkan dengan menggunakan aplikasi software CAD ke dalam bentuk block plan sehingga dapat menginformasikan fungsi peruntukkan dari masing-masing bangunan yang mempanguruhi aktifitas pengguna jalan di kawasan tersebut. Software CAD juga digunakan untuk menggambarkan potongan jalan Kapten Mukhtar Basri untuk beberapa segmen sehingga dapat menjelaskan data berupa detail, ukuran dan penggunaan jenis material dari penggal jalan. Temuan-temuan dari data primer akan dianalisis dan menghubungkannya dengan data sekunder dari hasil kajian teori perencanaan “urban design” yang relevan, sehingga temuan dan analisa menjadi dasar untuk menentukan konsep penataan jalur pedestrian di jalan Kapten Mukhtar Basri Medan sebagai upaya memberikan kemananan dan kenyamanan bagi pejalan kaki di kawasan tersebut

 


Keywords


jalur pedestarian, kenyamanan dan keamanan

Full Text:

PDF

References


D. Jenderal, B. Marga, D. Pembinaan, and J. Kota, “Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota,” no. 018, 1990.

D. M. Timpanometri, “Pedestrianisasi Kawasan Pusat Kota Medan,” pp. 7–33, 2012.

T. S. Dahl, M. J. Matarić, and G. S. Sukhatme, “Emergent Robot Differentiation for Distributed Multi-Robot Task Allocation,” Distrib. Auton. Robot. Syst. 6, pp. 201–210, 2008, doi: 10.1007/978-4-431-35873-2_20.

N. Pratama, “Studi perencanaan trotoar di dalam lingkungan kampus universitas sriwijaya inderalaya,” J. Tek. Sipil dan Lingkung. Univ. Sriwij., vol. 2, no. 2, pp. 272–277, 2014.

D. Iswanto, “Mengkaji Fungsi Keamanan dan Kenyamanan Bagi Pejalan Kaki di Jalur Pedestrian.” p. 113, 2003.

N. Lufanto, “Persepsi pejalan kaki terhadap tingkat kenyamanan jalur trotoar di jalan raya senenan dan jalan raya tahunan kecamatan tahunan kabupaten jepara,” J. Unnes Scaffolding, vol. 1, no. 2, pp. 1–7, 2012.

D. Zulkai, “Isu Megapolitan Jabodetabekjur Dalam Konteks Pengelolaan Pembangunan dan Revisi UU No. 34/1999,” J. Reg. City Plan., vol. 17, no. 1, pp. 1–27, 2006.

J. T. Sipil and F. Teknik, “Tingkat Kenyamanan Jalur Pedestrian Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang Berdasarkan Persepsi Pengguna,” J. Tek. Sipil dan Perenc., vol. 17, no. 2, pp. 131–138, 2015, doi: 10.15294/jtsp.v17i2.6902.

W. Dan and E. Saodih, “Morfologi Sebagai Pendekatan Memahami Kota,” J. Perenc. Wil. dan Kota UNISBA, vol. 7, no. 2, pp. 56-67–67, 2007.

P. Facility and D. Best, “Best practices for pedestrian master planning and design,” 2005.

M. Indraswara, “Kajian Kenyamanan Jalur Pedestrian Pada Jalan Imam Barjo Semarang,” Enclosure, vol. 6, no. 2, pp. 59–69, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.