Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas karyawan Satwa Sehat Pet Shop dalam menggunakan aplikasi manajemen kesehatan hewan, dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Pelatihan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan mencakup pembelajaran teori dalam kelas serta praktek langsung (on-the-job training) untuk memastikan pemahaman dan penerapan aplikasi secara efektif di lapangan. Data evaluasi dikumpulkan menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi kinerja karyawan selama dan setelah pelatihan. Pelatihan ini berhasil meningkatkan kompetensi karyawan dalam penggunaan aplikasi, terutama dalam fitur dasar terkait pengelolaan data kesehatan hewan dan transaksi pelanggan. Namun, beberapa karyawan masih mengalami kesulitan dalam menguasai fitur aplikasi yang lebih kompleks, yang menunjukkan perlunya pelatihan lanjutan. Program pelatihan ini berkontribusi pada peningkatan efisiensi operasional Satwa Sehat Pet Shop dan kepuasan pelanggan. Untuk hasil yang lebih optimal, disarankan agar pelatihan tambahan yang lebih mendalam dilakukan serta pendampingan teknis berkelanjutan diberikan untuk mengatasi tantangan penggunaan fitur lanjutan aplikasi.References
Agustina, R., Nur'aini, S., Nazla, L., Hanapiah, S., & Marlina, L. (2023). Era Digital: Tantangan Dan Peluang Dalam Dunia Kerja. Journal of Economics and Business 1(1), 1-8. https://doi.org/10.61994/econis.v1i1.138
Gustiana, R., Hidayat, T., & Fauzi, A. (2022). Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 657-666. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i6.1107
Hendi, Arifin, S. V., & Zesica. (2024). Optimalisasi Konsep Resource-Based View Dalam Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. WANARGI : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(4), 356-366. https://doi.org/10.62017/wanargi.v1i4.1895
Lukiana, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Penguatan Usaha Kecil Berbasis Godong Simbukan dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Lumajang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 1036-1042. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.5820
Rochmawati, D. R., Hatimatunnisani, H., & Veranita, M. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101-108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Soekotjo, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Dnd Pet Terhadap Kepuasan Konsumen. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 7(2), 319-329. https://doi.org/10.37715/jp.v7i3.2897
Sulistyan, R. B. (2020). Lecturer E-learning Training: The Role of Social Exchange Theory. Empowerment Society, 3(2), 50-56. https://doi.org/10.30741/eps.v3i2.589
Sulistyan, R. B. (2021). Peningkatan Kualitas Pegawai melalui Program Autocad : Pendekatan Social Exchange Theory. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 101-105. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4297
Sulistyan, R. B., & Afrianto, E. (2024). Sosialisasi Penguatan Organisasi melalui Teknologi Digital pada Generasi Muda. Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 43-49. https://doi.org/10.35814/capacitarea.2024.004.02.06
Sulistyan, R. B., Cahyaningati, R., Carito, D. W., Taufik, M., & Samsuranto. (2022). Pelatihan Batik Papring: Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lingkungan Papring Banyuwangi. In The 5th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH2022) (pp. 773-782). Malang: Universitas Widya Gama.
Sulistyan, R. B., Carito, D. W., Cahyaningati, R., & Muttaqien, F. (2023). Application of Digital Marketing in Efforts to Empower Productive Communities and Preserve Banyuwangi Culture. International Journal of Public Devotion, 6(1), 75-82. https://doi.org/10.26737/ijpd.v6i1.4075
Sulistyan, R. B., Ermawati, E., Hidayat, Z., Lukiana, N., & Kasno. (2019). Retention Management as an Effort to Overcome the Intention of Account Officers to Stop the Company. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(12), 17-25. https://doi.org/10.5373/jardcs/v11i12/20193207
Sulistyan, R. B., Paramita, R. W. D., Setyobakti, M. H., Rizal, N., & Lukiana, N. (2020). Perceived Organizational Support on Employee Performance: The Mediating Effect of Job Stress. Proceedings of the 1st International Conference on Social Science, Humanities, Education and Society Development. https://doi.org/10.4108/eai.13-10-2020.2303710
Yatminiwati, M., Setyobakti, M. H., Sulistyan, R. B., & Ermawati, E. (2021). Social Entrepreneurship in MSME Development. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Sciences, 2(3), 239-243. https://doi.org/10.38142/ijesss.v2i3.111
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat)