Penerapan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pelaku UMKM Di Desa Pematang Kasih

Authors

  • Yusneni Afrita Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Hilma Nazifa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Mahmuddinsyah Lubis Fakultas Ekonomi, Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53695/jas.v3i3.757

Keywords:

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM); Digital Marketing; Penjualan

Abstract

Pelaku UMKM Desa Pematang Kasih mengalami penurunan penjualan sejak pandemi covid 19 bahkan hingga sekarang. Sehingga perlu strategi yang tepat bagi pelaku UMKM agar tetap bisa menjual produknya dan mendapatkan keuntungan. Salah satu strategi di era sekarang ialah digital marketing yang memungkinkan pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara efektif dan efisien. Pelaku UMKM Desa Pematang Kasih tidak pernah melakukan pemasaran produknya melalui digital/online. Tujuan dari program pengabdian  ini untuk membantu pelaku UMKM mempromosikan dagangannya melalui sosial media sehingga meningkatkan penjualan UMKM yang dikelola. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah UMKM Keripik Sanjai Ria menerapkan digital marketing melalui media sosial (instagram) dan UMKM Tas Rajut Luel menerapkan digital marketing melalui online shop (shopee).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). AWALI URGENSI PEMANFAATAN E-MARKETING PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA PEKALONGANDI TENGAH DAMPAK COVID-19. JURNAL EKO3NOMI DAN BISNIS ISLAM, 2, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) UNTUK BERSAING DI ERA PANDEMI. COMPETITIVE, 16(1), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171

Hardilawati, W. L. (2020). The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. In Jurnal Akuntansi & Ekonomika (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022

https://grahanurdian.com/data-e-commerce-indonesia-2022/

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Yusneni Afrita, Hilma Nazifa, & Mahmuddinsyah Lubis. (2022). Penerapan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pelaku UMKM Di Desa Pematang Kasih . ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(3), 16–23. https://doi.org/10.53695/jas.v3i3.757

Issue

Section

Articles