Penerapan Digital Marketing Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Pelaku UMKM Di Desa Pematang Kasih
DOI:
https://doi.org/10.53695/jas.v3i3.757Keywords:
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM); Digital Marketing; PenjualanAbstract
Pelaku UMKM Desa Pematang Kasih mengalami penurunan penjualan sejak pandemi covid 19 bahkan hingga sekarang. Sehingga perlu strategi yang tepat bagi pelaku UMKM agar tetap bisa menjual produknya dan mendapatkan keuntungan. Salah satu strategi di era sekarang ialah digital marketing yang memungkinkan pelaku UMKM dapat memasarkan produknya secara efektif dan efisien. Pelaku UMKM Desa Pematang Kasih tidak pernah melakukan pemasaran produknya melalui digital/online. Tujuan dari program pengabdian ini untuk membantu pelaku UMKM mempromosikan dagangannya melalui sosial media sehingga meningkatkan penjualan UMKM yang dikelola. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah UMKM Keripik Sanjai Ria menerapkan digital marketing melalui media sosial (instagram) dan UMKM Tas Rajut Luel menerapkan digital marketing melalui online shop (shopee).Downloads
References
Awali, H., & Rohmah, F. (2020). AWALI URGENSI PEMANFAATAN E-MARKETING PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA PEKALONGANDI TENGAH DAMPAK COVID-19. JURNAL EKO3NOMI DAN BISNIS ISLAM, 2, 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) UNTUK BERSAING DI ERA PANDEMI. COMPETITIVE, 16(1), 32–41. https://doi.org/https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171
Hardilawati, W. L. (2020). The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. In Jurnal Akuntansi & Ekonomika (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20171115161037-78-255819/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022
https://grahanurdian.com/data-e-commerce-indonesia-2022/
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.