PKM Pendampingan Mendesain Proposal Kegiatan dalam Bahasa Indonesia Kepada Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat Kota Medan

Tengku Winona Emelia, Ambar Wulan Sari, Sri Listiana Izar

Abstract


Tim pelaksana program kemitraan masyarakat internal UMSU  menjalin kemitraan dalam pendampingan mendesain proposal kegiatan acara kepada anggota lembaga forum komunikasi antar lembaga adat  (FORKALA)  kota Medan sebagai mitra PKM UMSU.  Proposal merupakan suatu rancangan yang  berbentuk tulisan secara sistematis dan terperinci untuk kegiatan acara yang akan diselenggarakan. Tujuan dari pembuatan proposal kegiatan dalam sebuah acara adalah  guna  mendapatkan persetujuan dari pihak yang berkepentingan terhadap penyelenggaraan acara untuk dapat  diajak bekerjasama dalam melancarkan kegiatan. Proposal kegiatan acara dirancang  apabila ingin mengajukan suatu permohonan seperti permohonan dana atau sponsor saat hendak menyelenggarakan suatu kegiatan.  Pendampingan terhadap mitra PKM UMSU diberikan agar   staf dan anggota forum komunikasi antar lembaga adat kota Medan mendapatkan tambahan pengetahuan berkenaan dengan desain proposal yang baik.  Bagian  penting dalam membuat proposal kegiatan acara yakni membuat rancangan proposal kegiatan dengan  desain  yang menarik sesuai pedoman umum ejaan bahasa indonesia. Berdasarkan serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, hasil kegiatan  telah memberikan solusi permasalahan terhadap anggota Forkala kota Medan   antara lain adalah : 1. membuat contoh proposal kegiatan lembaga  2. desain proposal kegiatan  3. buku panduan penggugunaan bahasa indonesia sesuai pedoman umum ejaan bahasa indonesia. Hasil ini diharapkan  dapat dikembangkan bagi lembaga adat yang ada di bawah naungan forum komunikasi antar lembaga adat kota Medan.  Tema dan konsep yang diangkat melalui proposal kegiatan yang menarik dapat memperlihatkan  secara nyata kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan,   sesuai visi dan tujuan Forkala.

Keywords


Desain, proposal kegiatan, bahasa Indonesia, lembaga adat

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, S., dkk. (1996). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwasilah, Ch. (2005). “Peningkatan Penggunaan Bahasa Ilmiah dalam membangun Budaya Menulis” dalam Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai. Pangesti Wiedarti (Editor). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Badudu, J.S. (1992). Cakrawala Bahasa Indonesia II. Jakarta: Gramedia.

Moeliono, A. (2004). “Bahasa yang Efektif dan Efisien”. Materi Penataran Calon Penulis Buku Ajar Perguruan Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Rohidi, T.R. (2001). “Tulisan Ilmiah dan Ilmiah Populer: Bahasan Ringkas tentang Menulis Artikel Seni dan Desain dalam Jurnal Ilmiah”. Makalah Seminar Strategi Penerbitan Jurnal Nasional Bidang Seni dan Desain, 22-23 Mei 2001. Malang: UNM.

Rusyana, Y. dan M. Suryaman. (2006). Pedoman Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SD, SMP, dan SMA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugono, D., dkk. (2006). Kamus Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: Gramedia dan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.53695/jas.v2i3.499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.