Edukasi Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Usia Dini dan Pelatihan Pembuatan Media Tanam dari Limbah Dapur Yang Sudah Tidak Terpakai Serta Rak Vertikulture di Desa Perkebunan Gunung Melayu

Aflahun Fadhly Siregar, Riza Kurniawan

Abstract


Desa Gunung melayu terletak di kecamatan rahuning kabupaten asaha provinsi sumatera utara masyarakat yang tinggal didesa tersebut memiliki jiwa social yang tinggi hal ini dibuktikan dengan masih tetap terlestarikannya jiwa kekeluargaan dan gotong royong yang tinggi masyarakat penduduk desa gunung melayu mayoritas bergerak dibidang pertanian dan peternakan. Namun saat ini didesa tersebut mengalami permasalahan seperti masyrakat didesa lainnya akibat dari pandemic covid-19 dampak dari hal tersebut yakni Masih banyak masyarakat yang tidak menaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dipekarangan rumah, kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan, masih banyak masyarakat yang mengalami buta huruf terutama dewasa. Solusi yang dilakukan pada permasalahan desa gunung melayu yaitu dengan dilakukannya penyuluhan dan edukasi tentang pentingnya menaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk meminimalisir penggunaan obat-obatan kimia dan lebih mengutamakan tanaman herbal, selanjutkan saya menanam tumbuhan seperti serai, kunyit, kencur dan lain-lain. Dalam pelaksanaan mengharapkan hasil, masyarakat dapat mengetahui manfaat tanaman obat keluarga untuk kehidupan sehari-hari dan pembuatan obat tradisional dari Tanaman Obat Keluarga (TOGA).


Keywords


Edukasi, Covid-19, Tanaman Obat Keluarga.

Full Text:

PDF

References


Anggorowati, P., & Sarmini, S. 2015. Pelaksanaan Gotong-Royong di Era Global (Studi Kasus di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(3), 39-53.

Atmojo, J.T., Iswahyuni, S., Rejo, R., Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., … & Mubarak, A. S. 2020. Penggunaan Masker dalam Pencegahan dan Penanganan Covid19: Rasionalitas, Efektivitas, dan Isu Terkini. Journal of Health Research. Vol 3 (2).

Hidayanto, F., Dedi, S,a., Mohammad, Z,I., Iqbal, G, S., Ashar, M, R., Futihat, N, I, M. , Yuyun, N, S., Amelia,N, Z., dan Yessi,N, A. 2015. Tanaman herbal sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 4(01), 1-4.




DOI: https://doi.org/10.53695/jas.v2i3.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.